Bahas Tantangan Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi, FIS UNM Gelar Seminar Nasional

FIS UNM
Program Studi Pendidikan Sosiologi FIS Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional

Terkini.id, Makassar – Program Studi Pendidikan Sosiologi FIS Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai tuan rumah Temu Nasional Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi (APPSANTI) 2020 menggelar Seminar Nasional.

Seminar Nasional tersebut mengangkat tema “Tantangan dan Peluang pembelajaran Sosiologi dan Antropologi Kurikulum merdeka belajar di tengah pandemi Covid 19 dan Era Masyarakat digital”.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNM yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum pada Minggu, 18 Oktober 2020 dan berlangsung secara daring melalui Zoom.

Seminar Nasional tersebut menghadirkan tiga pembicara utama yang dimoderatori oleh Dr. Supriadi Torro, M.Si, salah satu Dosen prodi pendidikan Sosiologi FIS UNM.

Pembicara pertama yakni Prof. Dr. Dinn Wahyudin, MA sebagai Guru Besar UPI, dan juga merupakan Ketua Umum HIPKIN Pusat yang membawakan materi tentang “Kurikulum Kampus Merdeka menuju New Normal”.

Menarik untuk Anda:

Sementara pembicara kedua, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum yang saat ini menjabat sebagai Ketua PGRI Sulawesi Selatan dan juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Makassar. 

Pada Seminar Nasional Pendidikan kali ini, Prof. Hasnawi membahas tuntas mengenai program Kampus Merdeka.

Adapun pembicara ketiga yakni Dra. Maria Listiyanti, M.Si, Peneliti Senior Sosiologi/Ilmu Sosial Puskurbuk Kemendikbur RI. Ia membawakan materi tentang Kurikulum Kontekstual. 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 405 peserta dari 512 pendaftar yang berasal dari kalangan mahasiswa maupun guru dan dosen.

Dr. A. Octamaya Tenri Awaru, M.Pd selaku ketua Panitia Pelaksana yang juga merupakan Sekertaris Jurusan Sosiologi Antropologi FIS UNM mengatakan bahwa seminar ini merupakan salah satu rangkaian Musyawarah Nasional II Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia atau biasa disingkat APPSANTI. 

“Selain Seminar Nasional acara pertama yang dilakukan adalah Kompetisi nasional mahasiswa sosiologi dan Antropologi Se Indonesia. Ada tiga lomba yang dilakukan yaitu lomba essay yang diikuti oleh 38 peserta, Lomba video dan Lomba Poster,” ujar Dr. Octamaya.

“Alhamdulillah semuanya berjalan Lancar semua karena dukungan dari banyak pihak terkhusus Bapak Dekan FIS UNM Prof. Jumadi M.Si, Ketua Appsanti Bapak Ubedillah Badrun M.Si, Ketua Jurusan Sosiologi Antropologi UNM Dr. Muhammad Syukur dan Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi M. Ridwan Said Ahmad. S.Sos.M.Pd,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gelar Seminar, Mahasiswa KKN-DK UINAM di Bulukumba Beri Edukasi Politik ke Warga

drg Ayunsri Harahap: Kegiatan Dharma Wanita Polbangtan Gowa Harus Diisi dengan Bakti Sosial

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar