Dinas Capil Sulsel Gelar Kegiatan Pembinaan Ketahanan Keluarga di Lutra

Terkini.id, Luwu – Dinas Kependudukan, catatan sipil, pengendalian penduduk, dan KB Provinsi Sulsel menyelenggarakan kegiatan pembinaan ketahanan keluarga Bina Kesehatan Balita, Remaja, dan Lansia di Kabupaten Lutra pada tanggal 17 September 2019 dan tim baru kembali dari Lutra 18 Sepetember 2019.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan kader dalam melakukan pendampingan kelompok tribina keluarga sejahtera di antaranya keterampilan komunikasi, kerja sama, pemahaman konseptual, pengenalan masalah, dan pengorganisasian kelompok.

Acara dihadiri oleh Kadis DukcapildaldukKB Provinsi Sulsel Ibu Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, MM dan Asisten 1 Kab Lutra sekaligus sbg plt. Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Bapak Jumal Jayair Lussa serta narasumber provinsi bapak Arlin Adam.

Dalam sambutannya, Sukarniaty kondolele menekankan pentingnya peran kader dalam mengaktifkan kelompok-kelompok tribina sehingga dapat diwujudkan keluarga sejahtera melalui pengasuhan yang tepat bagi bayi, pembinaan remaja, dan pendampingan lansia.

Sementara itu, Bapak Jumal Jayair Lussa yang mewakili Bupati Lutra mengungkapkan bahaya narkoba yang marak di kalangan remaja mempengaruhi seluruh aspek kehidupan keluarga.

Baca juga:

“Saya mengharapkan agar kelompok BKR (Bina Keluarga Remaja) aktif memberikan penyuluhan kepada keluarga-keluarga sehingga para keluarga mampu untuk melindungi anggota keluarganya dari perilaku penyalahgunaan narkoba,” harapnya.

Metode pembinaan dilakukan melalui diskusi interaktif dengan kader tentang kebutuhan yang diperlukan dalam mengatasi masalah-masalah lapangan yang dihadapi.

Sebelum diskusi interaktif, para kader diberikan materi pengantar diskusi mengenai keterpaparan dan faktor resiko yang dihadapi oleh keluarga dalam menjalankan fungsi keluarga secara optimal.

Diharapkan pula melalui pembinaan ini, para kader memiliki penyegaran terkait dengan peran dan fungsinya di lapangan serta memiliki keterampilan praktis dalam memperlancar tugasnya sebagai fasilitator keluarga menuju keluarga bahagia dan sejahtera.

Citizen Reporter: Andi Alim

Komentar

Rekomendasi

Jusuf Kalla Harap Masyarakat Bisa Terbiasa dengan New Normal

Aman dari Pandemi, 102 Daerah Ini Dibolehkan Berkegiatan di Luar Rumah

Diskusi Pemberhentian Presiden Dapat Teror Pembunuhan, Istana Dukung Panitia Lapor Polisi

Kabar Baik Uji Coba Vaksin Covid-19 di China dan Inggris Sukses, Obat Remdisivir Juga Banyak Berhasil

Dukung Pengembangan Objek Wisata Mangrove Lantebung, Yusran: Kita Ajak Dunia Perbankan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar