Dinas Pertanian Palopo Gelar Panen Jagung Perdana

Dinas Pertanian Palopo
Dinas Pertanian Palopo Gelar Panen Jagung Perdana

Terkini.id, Palopo – Dinas Pertanian Kota Palopo menggelar panen jagung perdana yang dilaksanakan di Kecamatan Bara, Kelurahan Tobulung, Selasa, 13 Agustus 2019.

Plt Kadis Pertanian Kota Palopo A. Bahtiar pada kesempatan itu mengatakan, pengembangan jagung di Kota Palopo sangat berpotensi.

Ia yakin, ke depan bersama dengan penyuluh, jagung akan menjadi komoditi utama di Kota Palopo.

“Kalau di rata-ratakan 14,4 ton per hektar bisa dihasilkan dan itu kotornya. Dan untuk saat ini ada 9,9 ton jagung kering yang telah dipipil yang bisa dihasilkan,” ungkap A. Bahtiar.

Sementara itu, Kapolres Kota Palopo yang diwakili Wakapolres, Woro Susilo, menyampaikan, panen perdana tersebut merupakan upaya para petani dalam rangka peningkatan kualitas produksi dan kesejahteraan para petani kebun.

Lanjut Woro, berbicara optimalisasi lahan jika ada kemauan, tidak perlu dengan lahan yang luas. Walaupun kecil lahannya tapi dikelola dengan baik maka manfaatnya juga akan baik.

“Intinya ketika ada kemauan untuk bertani, jangan berpikir lahan besar dulu tapi optimalkan lahan yang ada dengan baik dan konsisten untuk menjaga,” ungkap Woro.

Ditambahkan Woro, khusus untuk tanaman jagung, tidak perlu lagi ada eksperimen, karena saat ini, sudah ada hasilnya. Tinggal konsistensi yang diperlukan untuk tidak beralih pada tanaman lain, yang masih butuh bukti.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Walikota palopo yang diwakili asisten tata pemerintahan, H. Burhan Nurdin, meminta dinas pertanian agar proaktif bersama para penyuluh untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan dengan sebaik baiknya dengan jenis bahan pangan yang bisa mendukung ketahanan pangan Kota Palopo.

“Kalau semua petani berpikiran yang sama dengan melihat hasil saat ini, maka dapat dipastikan ketahanan pangan di Kota Palopo lebih baik lagi,” jelasnya.

Panen jagung perdana tersebut dihadiri Camat Bara Irwanto Napeng, para lurah, para penyuluh, serta warga Kelurahan Tobulung, dan jajaran Dinas Pertanian Kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini