Dinkes Bulukmba: Peran Media Massa Menentukan Kelancaran dan Capaian Vaksinasi Covid-19 Maupun Imunisasi Anak

Terkini.id, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba berharap media massa untuk ikut andil dalam membantu menyukseskan kegiatan vaksinasi Covid-19 maupun imunisasi rutin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba, Umrah Aswani mengatakan peran media sangat menentukan kelancaran dan capaian vaksinasi seperti Covid-19 maupun imunisasi bagi anak.

“Pemberitaan positif dan berimbang terkait Vaksinasi Covid-19 ataupun imunisasi sangat membantu capaian pelaksanaan di lapangan,”ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Benahi Data Penyandang Disabilitas Guna Penuhi Cakupan Vaksinasi...

“Penting diberitakan bahwa vaksinasi itu penting karena imunisasi itu dibutuhkan untuk herd immunity,” paparnya dalam acara Media Briefing tentang rutin vaksinasi Covid-19, Imunisasi Berbasis Sekolah dan Imunisasi Rutin di Kafe Wow Bulukumba, Rabu 2 Maret 2022.

Ia mengatakan bahwa banyaknya informasi hoaks yang beredar di masyarakat yang seharusnya tak menjadi hal menakutkan.

Baca Juga: Jubir Satgas Covid-19: SE Terbaru Pemerintah Menetapkan Bahwa Pelaku Kegiatan...

“Jika berita positif tentang vaksin lebih banyak dibanding hoaks di sosial media, mungkin masyarakat akan peduli dan berbondong-bondong vaksin bukan takut,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinkes Bulukumba  Kasmarinda berharap masyarakat tak takut lagi mengikuti vaksinasi Covid-19.

Menurut Kasmarinda, pihaknya tak akan menerima warga yang ingin vaksin jika memang keadaan tidak sehat atau memiliki riwayat sakit.

Baca Juga: Jubir Satgas Covid-19: SE Terbaru Pemerintah Menetapkan Bahwa Pelaku Kegiatan...

“Kami malah meminta kepada masyarakat agar tidak menyembunyikan riwayat penyakit. Jika memang tidak memenuhi syarat pasti tidak divaksin,” jelasnya.

Kasmarinda tak menampik adanya beberapa kejadian ikutan pasca imunisasi (vaksin) atau biasa disingkat KIPI.

1 2
Selanjutnya
Bagikan