Dinkes Makassar Minta Masyarakat Jadikan Masker Kebutuhan Primer

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin meminta masyarakat untuk menjadikan masker sebagai kebutuhan primer selama pandemi Covid-19.

“Masker selain menghindari dari paparan virus Covid-19, juga mencegah penularan dan penyebaran penyakit,” kata Naisyah.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga jarak satu sama lain setiap kali beraktivitas. Namun bila tak ada aktivitas mendesak, Naisyah mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah saja.

Baca Juga: Hadiri Ramah Tamah Hari Raya Waisak, Wali Kota Danny Pomanto...

“Kalau tidak ada kebutuhan mendesak di luar, jangan keluar rumah,” kata dia.

Menurutnya, protokol kesehatan Covid-19 berupa jaga fisik dan rutin mencuci tangan setiap melakukan aktivitas seharusnya menjadi kebudayaan baru di tengah pandemi.

Baca Juga: Indira Jusuf Ismail Dorong Pengentasan Tuberkulosis di Kota Makassar

Kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan berdampak besar bagi dirinya sendiri maupun tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit.

“Jadi kita pakai masker, dokter juga aman,” papar Naisyah.

Jika masyarakat tak patuh, lanjut Naisyah, maka persentase pasien yang masuk rumah sakit akan tinggi. Sehingga dokter yang bersentuhan langsung juga kemungkinan besar akan terpapar.

Baca Juga: Indira Jusuf Ismail Dorong Pengentasan Tuberkulosis di Kota Makassar

“Ketidakpatuhan mereka berdampak pada tenaga kesehatan. Karena nakes tidak ada alasan untuk tidak menolong mereka yang terpapar Covid-19 untuk tidak menyentuh mereka,” tandasnya.

Bagikan