Masuk

Diperingati Setiap 5 Oktober, Berikut Sejarah Penetapan Hari Guru Sedunia

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Setiap tanggal 5 Oktober, dunia memperingati Hari Guru Sedunia atau World Teachers’ Day

Dalam situs resmi UNESCO, tema peringatan untuk tahun ini yaitu “The transformation of education begins with teachers” atau jika dilokalisasikan berarti “Transformasi pendidikan dimulai dari guru.

Dalam momentum perayaan hari guru sedunia ini, Audrey Azoulay yang juga saat ini menjadi Direktur Jenderal UNESCO menyampaikan pesan bahwa peran guru terhadap muridnya akan berdampak bukan hanya kepada individu murid, tapi lebih dari pada itu. 

Baca Juga: 2 November : Hari Internasional Mengakhiri Impunitas Kejahatan Terhadap Jurnalis

“Hari ini, pada Hari Guru Sedunia, kami merayakan peran penting guru dalam mengubah potensi peserta didik dengan memastikan mereka memiliki alat yang mereka butuhkan untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, untuk orang lain, dan untuk bumi ini,” ujar Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay.

UNESCO sendiri menetapkan Hari Guru Sedunia pada tahun 1994. Adapun kami akan mencoba menyajikan faktor yang melatarbelakangi penetapan Hari Guru Sedunia sebagai berikut.

Sejarah Hari Guru Sedunia

Dijabarkan dalam The Alberta Teacher’s Association, UNESCO meresmikan Hari Guru Sedunia dengan tujuan untuk memusatkan perhatian atas kontribusi dan prestasi guru, juga untuk menyoroti keprihatinan serta prioritas guru dalam hal pendidikan.

Baca Juga: Diperingati Setiap Tanggal 2 Oktober, Berikut Sejarah Penetapan Hari Batik Nasional

Tanggal 5 Oktober dipilih sebab hal itu untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi UNESCO tahun 1966 silam mengenai status guru.

Dalam penandatanganan rekomendasi tersebut, untuk pertama kalinya hal itu memberikan guru di seluruh dunia sebuah instrumen yang mendefinisikan tanggung jawab dan menegaskan hak-hak mereka.

Kiranya seperti itulah sejarah penetapan Hari Guru Sedunia yang jatuh pada hari ini, dan diperingati setiap tahunnya berdasarkan penetapan yang telah dibuat oleh UNESCO.