Donald Mee, Restoran Bakmi Asli Makassar yang Sudah Hadir Lintas Generasi

Terkini.id, Makassar – Nama ‘Donald Mee‘, terdengar seperti merek dari luar negeri. Tapi, tahukah Anda, Donald Mee adalah restoran masakan Bakmi yang asli dari Makassar.

Menyajikan aneka bakmi dengan berbagai aneka rasa, Donald Mee sudah hadir di Makassar sejak 1992 silam dan dinikmati warga dari lintas generasi.

Tahun 2022, Donald Mee menjadi salah satu restoran paling favorit versi Makassar Favourite Culinary atau MFC Award, sebuah penghargaan tertinggi untuk pelaku kuliner yang diberikan oleh portal online Terkini.id ( Makassar Terkini).

Donald Mee, yang menyajikan varian menu bakmi, mulai dari bakmi kikil, daging, tomyam, ayam giling, kari hingga bakmi rica, disukai oleh banyak warga di Makassar.

Donald Mee, awalnya dirintis oleh Budiman Phietappa, seorang warga Makassar pada 1985 silam. Awalnya, Donald adalah sebuah toko roti bernama Donald Bakery di Jalan Karunrung, Makassar. Pada 1992, Donald mulai jualan bakmi dan bakso.

“Ini sudah kedua. Bapak yang merintis usaha ini, sejak 1985. Waktu tahun 1992 itu saya mulai ambil alih, kita mulai kembangkan mi. Awalnya kita ambil mi dari pabrik, saat kita mulai produksi besar, kami beli mesin dari Jakarta,” cerita putra Budiman Phietappa, Johnny Phie saat ditemui terkini.id, 22 Juni 2022 lalu.

Johnny tidak tahu pasti mengapa ayahnya memberi nama Donald Mee.

“Mungkin karena waktu itu tahun 1980-an, karakter Donald (kartun Disney) banyak disukai orang sehingga pakai nama Donald. Kemudian, kita sempat terkendala hak cipta waktu mulai masuk brand Mc Donald ke Indonesia. Kita dilarang patenkan ini merek Donald. Akhirnya kita ganti Donald-Mee,” ucapnya.

Jonnhy pun bercerita, awal menggeluti bisnis Bakmi, dia mencari inspirasi mi dari luar kota dan kesukaan warga Makassar. “Saya itu terinspirasi dari Bakmi Gajah Mada. Cuma di Makassar, masyarakat kurang suka dengan mi yang tipis. Selera masyarakat lebih suka mi yang tebal, jadi kita sesuaikan,” kata dia.

Kini, Donald Mee selain tersedia sebagai sebuah kafe dan restoran di Jalan Karunrung, outletnya juga hadir di Jalan Boulevard Makassar, Grand Mall Maros dan Hotel Jolin.

Sejak hadir puluhan tahun lalu, kini Donald Mee telah menghadirkan beberapa menu Bakmi, di antaranya Bakmi ayam, bakmi kikil, daging kikil, tomyam, bakmi ayam giling, bakmi rica, hingga bakmi kari.

Terakhir, Jonny menyampaikan banyak terima kasih untuk masyarakat yang telah memilih Donald Mee sebagai masakan kuliner Bakmi tervaforit versi MFC Award.

“Terima kasih untuk masyarakat Makassar. Harapan kami selaku pemilik Donald Mee, semoga kami bisa terus menjaga kualitas dan kebersihan, sehingga Donald Mee ini tetap menjadi idola dan jadi favorit masyarakat Makassar,” ucapnya.

Bagikan