Masuk

Dosen KPI Unismuh Makassar Hadiri Konferensi Nasional Komunikasi Islam, Ini Harapannya

Komentar

Terkini.id, Makassar – Asosiasi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Askopis) menggelar kongres nasional IV di  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 30 Agustus 2022.

Kongres Askopis ini dirangkaian dengan Konferensi Nasional Komunikasi Islam (KNKI) IV dan mengangkat tema “Meneguhkan kontribusi ilmu komunikasi Islam dalam menjawab permasalahan keummatan, kebangsaan dan keIndonesiaan”.

Kegiatan tersebut dihadiri 120 orang dosen dan akademisi komunikasi Islam se Indonesia.

Baca Juga: Viral Wisudawan Unismuh Makassar Cueki Rektor Saat Wisuda

Ketua Umum DPP Askopis Dr Mohammad Zamroni dalam sambutannya menegaskan pentingnya membumikan Komunikasi Islam dalam rangka menjawab tantangan peradaban baru.

“Bukan tanpa makna, kegiatan ini menjadi bentuk komitmen demi mewujudkan cita-cita besar Askopis dalam membumikan peradaban komunikasi Islam di seluruh penjuru. Kita tuntut untuk bisa memberikan kontribusi besar secara akademik,” jelasnya.

“Melalui wadah organisasi, profesi, kelembagaan dan juga keilmuan, Askopis sebagai representasi secara akademik untuk penguatan keilmuan dan kelembagaan komunikasi Islam di Indonesia,” sambung Zamroni.

Rombongan peserta Askopis Sulawesi-Gorontalo
Baca Juga: Majukan Desa Binaan, BEM FKIK Unismuh Makassar Adakan Kolaborasi Internasional

Wiwik Laela Mukromin, Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Muhammadiyah Makassar yang hadir langsung dalam kongres tersebut berharap komunikasi Islam kedepan mampu memberikan kontribusi real di tengah publik.

“Askopis sebagai wadah para dosen Komunikasi Penyiaran Islam se Indonesia dapat menjadi wadah silaturahmi dan saling bertukar informasi terkait pengembangan keilmuan Komunikasi Islam dan kompetensi lulusan KPI-nya sehingga mampu berdaya saing dengan dunia kerja yang ada,” katanya dalam keterangan tertulis kepada terkini.id, Rabu, 31 Agustus 2022.

Namun, kata Wiwik, apapun keahlian lulusan KPI, dakwah Islam tetaplah menjadi misi utama.

“Apapun keahliannya, misinya tetap dakwah,” terangnya.

Baca Juga: Kolaborasi Bareng DEMATEPA, FKIK Unismuh Makassar Gelar Kegiatan Internasional

Kegiatan ini rencananya akan ditutup dengan pemilihan nahkoda baru Askopis esok hari, Kamis, 1 September 2022.