Dukung Target SDGs, Vale Sudah Gunakan 38 Persen Energi Terbarukan

Terkini.id, Makassar – Perusahaan tambang, PT Vale Indonesia Tbk, menggelar Simposium ‘Keberlanjutan Masa Depan’ yang digelar di Hotel Claro Makassar, 6 Februari 2019.

Dalam simposium yang yang dihadiri para praktisi, akademisi, LSM, serta para jurnalis itu, Vale menegaskan dukungannya untuk program-program Sustainable Development Goals (SDGs) melalui praktik-praktik pertambangan yang baik (good mining practice).

“Di Vale, berinvestasi pada keberlanjutan bukanlah nilai tambah, melainkan sebuah keharusan. Hal itu sesuai dengan misi perusahaan, yakni mengubah sumber daya alam menjadi kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan,” kata Nico Kanter, CEO PT Vale saat memberi sambutan.

Sementara itu, Deputi CEO PT Vale, Febriany Eddy dalam diskusi panel mengungkapkan, berbagai upaya dalam mendukung program keberlanjutan tersebut sudah dilakukan.

Mulai dari sisi manajemen pengelolaan dampak lingkungan, ekonomi sosial, serta paling penting untuk memenuhi kebutuhan generasi masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi masa depan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Manfaatkan Energi Terbarukan

simposium, pt vale, bayu aji

Perusahaan yang beroperasi Pulau Sulawesi itu, saat ini, sudah menggunakan hingga 38 persen energi terbarukan sebagai bahan baku energi dalam produksi tambang.

Bukan hanya itu, Head of Communications PT Vale Indonesia Bayu Aji Suparam menjelaskan, untuk penggunaan alat-alat berat di lokasi tambang, sudah menggunakan 20 persen Bahan Bakar Minyak (BBM) dari nabati. Sisanya bahan bakar fosil.

Karyawan Perempuan

Dari sisi gender, Vale juga mempekerjakan kaum perempuan dengan jumlah yang banyak.

Totalnya sudah ada sekitar 9 persen karyawan Vale yang perempuan. Untuk di area manajemen, bahkan sudah mencapai 13 persen. Bahkan ada wanita yang menduduki posisi operator.

“Di sisi lain, penggunaan teknologi ramah lingkngan, melakukan revegetasi, tata kelola perusahaan yang bebas korupsi, juga tetap menjadi perhatian,” pungkasnya.

Simposium tersebut juga dihadiri Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Dr Ir Tumiran M Eng, Kepala Pusat Standarisasi Lingkungan dan Kehutanan KLHK Ir Noer Adi Wardojo Msc, Direktur Eksekutif Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) Budi Santosa, serta Cosporate Sustainability Advisor, Jalal.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
News

Intip Pola Hidup Sehat Ala Aliyah Mustika Ilham

Terkini.id,Makassar - Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, menemui ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Makassar dan masyarakat Kecamatan Panakkukang. Pertemuan itu
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar