Masuk

Elektabilitas Airlangga Hartarto Melejit di KIB, Berpeluang jadi Capres?

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat ini memiliki elektabilitas yang tinggi diantara peserta Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Elektabilitas Airlangga Hartarto yang belum tertandingi ini menjadikannya memiliki peluang diusung oleh KIB untuk maju ke Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terkait hal ini, peneliti dari Institut Riset Indonesia (Insis) Dian Permata menyampaikan jika elektabilitas Airlangga Hartarto diantara ketua umum partai di KIB menjadikannya pantas mendapat dukungan dari KIB untuk melaju ke kontestasi Pilpres 2024.

Baca Juga: Dapat KTA, Ridwan Kamil Resmi Bergabung di Partai Golkar

Menurut Dian Permata, elektabilitas ke dua ketum yakni PPP dan PAN hingga saat ini masih dibawah ketum Golkar, Airlangga Hartarto.

“Karena elektabilitas dua ketum lainnya tidak semencoer Airlangga”, kata Dian Permata seperti dikutip terkini.id dari Kantor Berita Politik RMOL, Senin 7 November 2022.

Disamping itu, Dian Permata juga mengatakan jika di lingkaran KIB ada tokoh yang layak diusung di luar ketum, maka itu sah-sah saja.

Baca Juga: Lokarkarya MPO Golkar Barru, Taufan Pawe Minta Kader Menangkan Airlanga Presiden

Akademisi Universitas Ibnu Chaldun ini mengatakan jika hal ini bisa dicoba untuk memecahkan kebuntuan dalam koalisi.

Dia menilah bahwa mekanisme ini diambil, maka setiap partai di KIB bisa mengajukan kandidat baik untuk capres maupun cawapres.

“Langkah ini patut dicoba di KIB minimal menjawab kebuntuan di koalisi tersebut. Dengan begitu, sekaligus dapat menepis bahwa KIB dieprsiapkan untuk capres di luar KIB”, ujarnya.

Seperti diketahui, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) diisi oleh tiga parpol yakni Partai Golkar, PPP, dan PAN. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan pada 4 Juni 2022 di Jakarta.

Baca Juga: Delapan Partai Parlemen Kompak Tolak Sistem Proporsional Tertutup

Airlangga menyampaikan jika ditekennya nota tersebut menjadi awal dari perjalanan politik Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Setelah KIB dibentuk, Airlangga Hartarto memiliki elektabilitas yang belum tertandingi sehingga dia disebut-sebut layak mendapatkan tiket Pilpres 2024.

Kendati memiliki elektabilitas tinggi, Airlangga menyatakan jika saat ini masih menunggu parpol lain bergabung ke KIB dan setelah itu baru akan mengumumkan siapa capres dan cawapres yang akan diusung oleh KIB.

“KIB masih menunggu satu dua pertain lain. Jadi kalau satu dua partai lain bergabung, baru kita announce siapa yang akan didukung KIB. Namanya plus-plus”, kata Airlangga.

Politisi Golkar ini menyampaikan jika KIB telah memiliki tiket premium untuk mengusung capres dan cawapres sendiri karena saat ini sudah memenuhi presidential threshold sebesar 20 persen dan KIB dibentuk untuk membuka peluang kepada partai manapun untuk bergabung.