Makassar Terkini
Masuk

Empat Bintang Iklan Ditahan Karena Tidak Memakai Jilbab, Mengapa?

Terkini.id, Jakarta – Pada tahun 2020, Radio Farda melaporkan bahwa empat bintang iklan ditahan akibat tidak memakai jilbab. 

Peristiwa tersebut dilatarbelakangi oleh kebijakan otoritas Iran terkait aturan berpakaian yang mewajibkan seluruh perempuan di Iran mengenakan jilbabwa.

Lebih lanjut, penangkapan tersebut berlandaskan perintah Shahram Karami, jaksa penuntut di Kota Kermanshah, Iran Barat, setelah video iklan yang menampilkan perempuan tak berkerudung tersebarluas. Seketika Shahram Karami memerintahkan otoritas keamanan dan peradilan untuk menangkap siapa saja yang terlibat dalam produksi dan distribusi video iklan tersebut.

Lalu mengapa demikian?

Dikutip dari dw.com, pada tanggal 30 November 2021. Shahram Karami menyatakan bahwa perempuan yang memperlihatkan rambutnya didepan umum merupakan sebuah tindakan “tak bermoral”.

Adanya sanksi bagi perempuan tak berhijab menjadi cara pemerintah Iran untuk menegakkan aturan tersebut guna kepentingan nasional Iran.

Penangkapan tersebut turut membuktikan tekad rezim di Iran untuk menegakkan aturan berpakaian konservatif yang ketat bagi perempuan sehingga dapat dikatakan bahwa kerudung memainkan peran sentral di Iran, meskipun kebijakan tersebut ditolak oleh banyak perempuan.

“Banyak perempuan menolak kebijakan ini,” ujar Negar Mottahedeh, ilmuwan politik, dikutip dari dw.com, tanggal 30 November 2021.

Kebijakan otoritas Iran yang mewajibkan seluruh perempuan mengenakan hijab terlepas dari kebangsaan dan agamanya berawal setelah revolusi islam 1979 terjadi di Iran. Ayatollah Ruhollah Khomeini, selaku pemimpin tertinggi di Iran mengungkapkan bahwa pakaian modest yang seharusnya perempuan kenakan yakni pakaian yang menutupi seluruh bagian tubuhnya.

“Perempuan yang berkontribusi pada revolusi adalah perempuan yang mengenakan pakaian modest,” ujar Ayatollah Ruhollah Khomeini kepada wartawan Italia, Oriana Fallaci dalam sebuah wawancara pada Februari 1979, dikutip dari dw.com, tanggal 30 November 2021.