Era Keterbukaan Informasi, Pemkot Makassar Himbau SKPD Terbuka Kepada Media

Pemkot Makassar
Asisten Bidang Pemerintahan Kota Makassar Abdul Azis Hasan saat mengjadiri Forum Jurnalistik SKPD Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Asisten Bidang Pemerintahan Kota Makassar Abdul Azis Hasan, mengimbau kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk terbuka dalam memberikan informasi kepada media.

Dalam pengamatannya, Abdul Azis menegaskan bahwa bangsa ini sudah memasuki era ketebukaan informasi.

“Tidak boleh lagi ada Humas yang menutup-nutupi informasi kegiatan yang dilakukan oleh SKPD masing-masing, apalagi yang terkait dengan serapan anggaran,” kata Abdul Asiz saat ditemui di Hotel Aston Makassar, Selasa, 19 Maret 2019.

Pada kesempatan itu, Abdul Azis juga menekankan peran Hubungan Masyarakat (Humas) pemerintah kota agar senantiasa membangun kerjasama dengan pihak media.

Dalam sebuah pemerintahan yang baik, Abdul Azis mengatakan, pemerintah mesti bekerjasama dengan media ihwal keterbukaan informasi.

“Media itu partner kita (Pemerintah). Kita perlu menjaga hubungan supaya seluruh informasi-informasi terkait yang kita lakukan dapat diketahui masyarakat,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Abdul Azis mengatakan pemerintah kota telah memiliki standar tersendiri dalam merekrut humas yang akan menjadi suara bagi pemerintah.

“Saya katakan bahwa mereka itu orang-orang terpilih, tidak sembarang orang bisa melaksanakan fungsi kehumasan yang ada di setiap SKPD,” kata Abdul Azis.

Abdul Azis Harap seluruh SKPD mampu memberi informasi kepada media dengan apa adanya

Berada pada era industri 4.0, Abdul Azis memberi dukungan kepada keterbukaan informasi yang lebih luas.

Apalagi, sambungnya, selama ini sudah gembor-gemborkan 4.0, padahal di Jepang sudah 5.0, mereka sudah ada pada jenjeng yang lebih tinggi.

“Daripada kita tidak melakukan apa-apa, itu masih lebih baik,” pungkasnya.

Ia berharap, ke depan, seluruh SKPD mampu memberi informasi kepada media dengan apa adanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini