Fakta Bisnis ‘Pesan Makan’ Selama Ramadan: Ayam Goreng Paling Disuka Warga Indonesia

Terkini.id, Jakarta – Ini bisa menjadi referensi menarik bagi para pelaku usaha kuliner. Di tengah pandemi covid-19 dan meningkatnya bisnis kuliner, perusahaan jasa pengantaran mencatat warga Indonesia paling banyak memesan masakan jenis ayam.

Grabfood mencatat, sepanjang Ramadan 2020 tahun ini, masyarakat Indonesia paling tidak telah memesan hingga 4,2 juta porsi ayam goreng.

“Jika menyusun piring dengan 4,2 juta porsi Ayam Goreng ini secara mendatar, panjangnya mencapai 168 kilometer, atau setara dengan jarak dari Ancol di Jakarta Utara hingga Gedung Sate di Bandung!” jelas Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood Grabfood melalui keterangan tertulis.

Jika tahun 2019 lalu Ayam Penyet menjadi favorit, tahun 2020 aneka olahan Ayam Goreng tersebut seperti Egg Chicken Roll dan Ayam Goreng Crispy menjadi incaran.

Bedanya, pada tahun ini muncul 2 menu favorit baru selama Ramadan yang dipesan masyarakat Indonesia, yaitu Ikan Sambal Matah dan juga Bebek Goreng.

Pisang Ijo dan Jalangkote Paling Banyak Dipesan di Makassar

Baca juga:

Selain aneka olahan ayam, masyarakat di Surabaya juga memiliki menu jagoan yang paling sering dipesan seperti Mie Ayam Pedas dan Udang Keju.

Sementara itu di Medan, Nasi Urap dan Kwetiau Goreng yang menjadi kesukaan. Beda lagi dengan di Makassar, di mana Jalangkote dan Es Pisang Ijo yang jadi incaran.

Sementara itu, untuk menu takjil, jika pada 2019 lalu Pisang Goreng hangat dan legit dipilih masyarakat sebagai takjil pembuka puasa, beralih ke menu udang rambutan dan juga Mie Pedas. Untuk penyegar, pelanggan banyak memesan Susu Segar.

Jika kita melihat data di tiap kota, Es Krim menjadi favorit bagi masyarakat di Surabaya dan Bandung. Untuk masyarakat Medan, Milk Tea dengan Bubble yang segar menjadi nomor satu. Sedangkan di Makassar, menu lokal khas Es Pisang Ijo tetap paling banyak dipesan.

Fitur Pengantaran Terjadwal Membantu Masyarakat Berbuka Puasa Bulan lalu, GrabFood memperkenalkan fitur Pengantaran Terjadwal yang membantu pelanggan untuk dapat memesan menu kesukaan 2 hari hingga 2 jam sebelum waktu pengantaran. Sudah ribuan pengantaran dilakukan selama bulan Ramadan yang memanfaatkan fitur ini.

Data Grab menunjukkan 70% masyarakat memanfaatkan fitur ini untuk memesan hidangan berbuka, mulai pukul 12.00 siang – 15.00 sore untuk diantarkan pada pukul 16.30 – 18.00 petang.

Lima persen pengguna fitur Pengantaran Terjadwal juga memanfaatkan fitur ini untuk memesan hidangan untuk sahur, yang diantarkan antara pukul 02.00 – 03.30 pagi.

Pemesanan Terbanyak

Perusahaan jasa perpesanan juga mencatat, di Bali ada satu pelanggan dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu pesanan.

Pelanggan tersebut memesan 27 porsi aneka makanan, termasuk Spaghetti Carbonara, Steak Sapi, Nasi Goreng, Grilled Chicken, dan masih banyak lagi dalam satu pesanan! Total harga pesanan mencapai hampir 2 juta rupiah.

Selain itu, GrabKitchen Juga Diburu. Menu Bento dan Oriental jadi Favorit Selain GrabFood, masyarakat juga dapat memesan dari jaringan cloud kitchen GrabKitchen di berbagai kota di Indonesia.

Pada musim lebaran tahun ini, Grab juga membuka menu paket khusus hantaran Ramadan. Biasanya merchant telah menyediakan kemasan cantik, beserta pita dan kartu ucapan juga.

Komentar

Rekomendasi

Sempat Viral karena Surat Terbuka, Ruslan Buton Kini Ditangkap Polisi

Turis Asing di Bali Gelar Private Party, Langsung Dibubarkan Satpol PP

THR PNS di DKI Jakarta Dipotong, Tapi TGUPP Tidak

New Normal, Menag Segera Umumkan Aturan Ibadah di Masjid

Bayi 36 Hari Sembuh dari Covid-19 Disambut Meriah Para Tim Medis

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar