Fitur Keamanan Terbaru Grab: Bisa Samarkan Nomor Kontak hingga Tombol SOS

Ahmad Hidayat, City Manager Grab Makassar saat safety roadshow di The Rinra, Kamis 25 Juli 2019.

Terkini.id, Makassar – Perusahaan everyday superapp di Asia Tenggara, Grab sedang gencar memperkenalkan fitur-fitur keamanan terbarunya.

Untuk memperkenalkan fitur-fitur keselamatan tersebut, Grab menggelar roadshow ke empat kota besar di Indonesia, antara lain Bandung, Surabaya, Medan hingga Makassar.

Adapun safety roadshow di Makassar, digelar dengan kegiatan edukasi mitra pengemudi bersama Komnas Perempuan, di Hotel The Rinra, Kamis 25 Juli 2019.

Tujuan Safety Roadshow sendiri merupakan kelanjutan kerja sama antara Grab dengan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) dan menjadi bentuk komitmen Grab sebagai platform paling aman untuk menghadirkan perjalanan yang lebih nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Ahmad Hidayat, City Manager Grab Makassar mengungkapkan, Grab menciptakan standar keamanan yang tinggi di Indonesia.

Menarik untuk Anda:

“Safety Roadshow mempertegas komitmen Grab demi menjadikan perjalanan lebih aman baik bagi mitra pengemudi maupun penumpang. Dalam kesempatan kali ini, kami juga memperkenalkan fitur keselamatan terbaru yang termasuk dari inisiatif Roadmap Teknologi Keselamatan ditujukan untuk meminimalisir insiden yang bisa sepenuhnya dicegah, mengurangi kecelakaan, dengan menciptakan kebiasaan baru yang mengutamakan keselamatan,” terang Ahmad Hidayat dalam event safety roadshow.

Sementara, Nina Nurmila, Komisioner Komnas Perempuan menambahkan, kolaborasi dengan Grab dalam Safety Roadshow kali ini merupakan bagian dari kerja sama yang telah kami inisiasi sejak akhir tahun lalu.

“Kami juga telah memberikan masukan kepada Grab agar bisa berupaya maksimal mencegah kekerasan terhadap perempuan, terutama kekerasan seksual yang dialami saat berpergian,” jelasnya.

Komnas Perempuan pun sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Grab dengan para ahli di bidangnya demi meningkatkan keselamatan dan perlindungan perempuan.

“Karenanya, kami berharap Safety Roadshow kali ini memberikan ilmu baru yang bisa diimplementasikan oleh penumpang dan mitra pengemudi, baik laki-laki dan perempuan, agar bisa menciptakan perjalanan yang lebih aman dan nyaman,” jelasnya.

Fitur Keselamatan Terbaru Grab

Penyamaran nomor telepon pemanggil (Number Masking)

Melalui fitur ini, Grab akan menggunakan nomor telepon virtual dalam setiap perjalanan yang dilakukan melalui aplikasi, sehingga mitra pengemudi dan penumpang tidak akan memiliki akses kepada nomor telepon pribadi masing-masing. Fitur ini telah diluncurkan untuk seluruh layanan transportasi Grab di seluruh Indonesia.

Free Call (VoIP)

Selain penyamaran nomor telepon, penumpang dan pengemudi kini dapat memilih “Free Call” yang akan memberikan panggilan gratis dalam aplikasi Grab. Selain menjaga keamanan dan privasi, fitur ini juga akan memberikan kemudahan komunikasi setelah penumpang memesan kendaraan.

Verifikasi Wajah Pelanggan dan Pengemudi Melalui Swafoto

Penumpang yang tergabung dalam Grab untuk pertama kalinya harus melakukan verifikasi wajah secara langsung sebagai bentuk identifikasi sebelum mereka memesan kendaraan mereka untuk pertama kalinya. Pengemudi juga diwajibkan melakukan verifikasi wajah secara berkala untuk dapat masuk ke dalam aplikasi mereka.

Tombol darurat (SOS Button)

Fitur ini memungkinkan para penumpang untuk mendaftarkan 3 (tiga) kontak darurat dalam aplikasi Grab. Apabila terjadi keadaan darurat saat melakukan perjalanan bersama Grab, penumpang dapat menekan tombol ‘DARURAT’ dan sistem Grab akan secara otomatis mengirimkan pesan peringatan kepada kontak darurat yang sudah didaftarkan sebelumnya atau memberikan notifikasi kepada tim Customer Experience Grab yang akan segera menghubungi penumpang.

Fitur bagikan lokasi perjalanan (Share My Ride)

Melalui fitur ini, para penumpang dapat membagikan tautan yang terhubung pada perjalanannya bersama Grab kepada orang-orang terdekat yang dapat dipantau secara real-time.

Ekspansi Grab

Saat ini Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 338 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 152 juta unduhan aplikasi, termasuk Indonesia tempat Grab beroperasi di 224 kota dari Sabang hingga Merauke.

Berdasarkan hasil penelitian Riset Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, Grab telah berkontribusi sebesar 48,9 triliun rupiah bagi perekonomian Indonesia.

Selain transportasi, bisnis layanan pesan-antar makanan GrabFood juga berkembang pesat di Indonesia, beroperasi di 178 kota di Indonesia dengan volume pengiriman tumbuh hampir 10 kali lipat pada tahun 2018.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Warga Pesisir Keluhkan Layanan Kesehatan, Danny: Akan Ada Puskesmas Pembantu

Warga Pulau Lae-Lae Antusias Ikuti Sosialisasi Tahapan Pilkada Makassar 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar