Ganjar Pranowo dan Puan Maharani Dipastikan Bersatu di Pilpres 2024, Pengamat: PDIP Kursinya…

Terkini.id, JakartaPengamat Politik M Qodari menanggapi skenario Ganjar Pranowo dan Puan Maharani yang digadang-gadang akan bersatu dalam Pilpres 2021 mendatang.

M Qodari mengatakan kemungkinan itu bisa saja terjadi. Dia menilai pasangan Ganjar-Puan pantas untuk diusung dalam perhelatan pemilu 2024 nanti.

Menurut M Qodari, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menaungi kedua tokoh tersebut telah memenuhi syarat pencalonan, yaitu 20 persen kursi di DPR.

Baca Juga: Muzani Sebut Gerindra Harus Belajar dari PDIP Cara Kelola Kepercayaan...

“PDIP kursinya 128 sementara 20 persen dari 575 adalah 115. Jadi, PDIP satu-satunya partai yang bisa mengajukan pasangan calon tanpa harus berkoalisi,” kata Qodari mengutip Warta Ekonomi.co.id , Selasa 23 November 2021.

Sementara itu, alasan lain yang memungkinkan terwujudnya pasangan Ganjar-Puan ialah nilai ketokohan yang dimiliki oleh keduanya.

Baca Juga: Ini Jawaban Golkar Saat Ditanya soal Duet Ganjar-Airlangga di Pilpres...

M Qodari menyebut Ganjar merupakan calon presiden papan atas yang memiliki peluang besar di pilpres. Sementara Puan adalah tokoh sentral yang bisa disebut sebagai salah satu veto player di PDI Perjuangan.

“Jadi, ini pasangan yang secara matematika politik sangat mungkin untuk terjadi,” ujarnya.

Kendati demikian, direktur eksekutif Indo Barometer itu menilai PDIP tidak akan maju sendiri dengan memasangkan Ganjar dan Puan karena keberagaman rakyat Indonesia.

Baca Juga: Ini Jawaban Golkar Saat Ditanya soal Duet Ganjar-Airlangga di Pilpres...

“Republik Indonesia ini sangat besar, sangat beragam. PDIP dan Bu Mega sangat menyadari hal tersebut maka rasa-rasanya PDI itu nggak mungkin maju sendiri, pasti dia akan berkoalisi,” ujar Qodari.

Sebelumnya, dukungan untuk mengusung pasangan Ganjar-Puan bermunculan, terutama ketika ipar Megawati Soekarnoputri, Timur Kiemas mendeklarasikan dukungan tersebut selaku ketua umum Front Ganjar-Puan (FGP).

Bagikan