Ganti Menag Fachrul Razi, Panglima Banser Gus Yaqut Pernah Berseteru dengan FPI

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Panglima Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Yaqut Cholil Quomas atau yang akrab disapa Gus Yaqut sebagai Menteri Agama (Menag) menggantikan Fachrul Razi.

Gus Yaqut diketahui merupakan putra salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), K.H Muhammad Cholil Bisri.

Pria kelahiran Rembang 4 Januari 1975 ini juga merupakan saudara kandung dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Yahya Staquf.

Berdasarkan rekam jejaknya, Gus Yaqut pernah dikabarkan berseteru dengan Front Pembela Islam (FPI) pada 2018 lalu.

Mungkin Anda menyukai ini:

Mengutip Detik.com, Selasa 22 Desember 2020, perseteruan Gus Yaqut dengan ormas pimpinan Habib Rizieq Shihab itu terjadi saat insiden pembakaran bendera organisasi yang telah dilarang pemerintah, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Garut.

Baca Juga: PSI Dukung Ganjar dan Gus Yaqut, Pengamat Politik: Kayaknya Seru

Ketika itu, Wakil Ketua Umum DPP FPI Jafar Shodiq meminta Kemenko Polhukam untuk mengadili Gus Yaqut terkait pembakaran bendera bergambar kalimat tauhid yang diketahui hampir mirip dengan bendera HTI.

“Yang pasti, apa yang kita sampaikan, pertama, Yaqut harus diadili pimpinan Banser, yang kedua, pimpinan Ansor,” kata Jafar saat menggelar Aksi Bela Tauhid pada 26 Oktober 2018 lalu.

Gus Yaqut kala itu juga telah mengklarifikasi bahwa yang dibakar oleh anggotanya bukan bendera Tauhid, melainkan bendera HTI.

Baca Juga: Mantan Pimpinan BIN: Abu Janda Adalah Penyusup di Banser NU

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi saat itu, bendera yang dibakar anggota Gus Yaqut itu memang benar adalah bendera HTI bukan bendera tauhid seperti yang dituduhkan pihak FPI.

Sekedar diketahui, Yaqut Cholil Qoumas saat ini menjabat Panglima Banser. Ia juga merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Bagikan