Masuk

Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Tim Dosen Teknik PNUP Bantu Kelompok Usaha Dapur Bugis

Komentar

Terkini.id, Barru – Tim dosen Dosen Teknik Listrik PNUP yang diketuai oleh Ahmad Rosyid Idris dengan anggota Usman, Alamsyah dan Trisbenheiser serta seorang mahasiswa melaksanakan PKM berupa pelatihan sekaligus penyerahan bantuan mesin pembuatan Bajabu kepada mitra Dapur Bugis. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Kupa, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Menurut Ketua Pelaksana, PKM merupakan program kemitraan masyarakat yang dikategorikan sebagai pelaksanaan pengabdian dalam tri dharma bagi dosen.

Baca Juga: Aktifkan Kembali Research Group, Prodi Teknik Listrik PNUP Adakan Pertemuan

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan penerapan ilmu untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Informasi dari mitra proses pembuatan Bajabu dapat memakan waktu 4-5 jam dan dikerjakan secara manual. Berawal dari kondisi tersebut, maka kami berinisiatif untuk membuat alat ini, sehingga dapat menggantikan tenaga manusia dalam proses pembuatan Bajabu tersebut,” ujarnya, Minggu 7 Agustus 2022.

Setelah diuji coba dengan menggunakan alat ini, waktu pembuatan Baju dapat menghemat waktu hingga satu jam dan tentunya tenaga juga, karena prosesnya dilakukan oleh mesin.

Baca Juga: Antusias, 24 Mahasiswa Kelas RPL Program Studi D4 Teknik Listrik PNUP Ikuti Seminar Proposal Tugas Akhir

Adapun tanggapan dari mitra dengan adanya kegiatan ini menjadi sangat positif dan mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Ujung Pandang telah memberikan bantuan dan pelatihan penggunaan alat tersebut. 

“Kami kelompok usaha Dapur Bugis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan ini. Awalnya kami ragu dengan alat ini apakah hasilnya akan sama dengan yang kami buat selama ini secara manual, alhamdulillah setelah menunggu 3 jam lebih, hasilnya sangat memuaskan karena hasil akhirnya lebih baik dari yang kami buat selama ini,” ujarnya.

Citizen Reporter : Usman