Geram ‘Dikeroyok’ Sesama Minoritas, Jozeph Paul Zhang Sebut Pendeta Goblok: Mental Budak Tolol Semua!

Terkini.id, Jakarta – Cukup lama tak terdengar kabarnya, video Jozeph Paul Zhang kembali beredar belum lama ini.

Tepatnya pada Senin, 10 Mei 2021, diketahui Jozeph melakukan live streaming via Zoom Meeting dan YouTube. 

Dilansir terkini.id dari isubogor, setidaknya durasi live Jozeph cukup lama, yaitu sekitar 4 jam 10 menit. 

Baca Juga: Komentari Jozeph Paul, Yahya Waloni: Ngaku Nabi Mata Sipit, Nabi...

Adapun live-nya yang disiarkan di sebuah kanal YouTube itu bertajuk ‘Bipang Ambawang vs Khilafah’.

Jadi, sudah jelas jikalau dalam live-nya, Jozeph menyinggung perihal Bipang (babi panggang) Ambawang yang belakangan viral di Tanah Air seusai disebut oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. 

Baca Juga: Masih Jadi Misteri, Polri Belum Temukan Keberadaan Jozeph Paul Zhang

Namun, rupanya tak hanya itu. Dalam live tersebut, Jozeph Paul Zhang yang merasa ditanggapi dan banyak ditonton hampir 20 ribu orang tersebut juga menyinggung minoritas, khususnya para pendeta yang menurutnya menyudutkan hingga ‘mengeroyok’nya dengan kata-kata kasar.

Hal itu ia ungkapkan saat menanggapi pertanyaan salah satu audiens bernama Nugroho.

Sosok tersebut mempertanyakan Departemen Agama di Indonesia yang mengapa hanya mengurusi agama Islam dan tidak adanya perguruan tinggi negeri selain Islam.

Baca Juga: Polri Kesulitan Tangkap Jozeph Paul Zhang: Dunia Maya Tak Semudah...

Menurutnya, hal itu merupakan sebuah bukti adanya ketidakadilan di Indonesia sehingga Jozeph pun akhirnya turut menanggapi.

“Itu justru kenapa kita selama ini diam saja. Selama ini kita diam saja, itu yang jadi masalah,” jawabnya, seperti dikutip terkini.id pada Rabu, 12 Mei 2021.

Jozeph merasa bahwa seharusnya ketika ada yang bilang (menyuarakan) ketidaadilan, maka sepatutnya dibela, bukannya ‘dikeroyok’ seperti dirinya.

Ya, ia mengaku merasa ‘dikeroyok’ oleh sesama minoritas tepat pada menit ke-29 dalam tayangan live tersebut. 

“Kan goblok, bodoh itu namanya. Harusnya mumpung ada yang bilang (menyuarakan), disorakin sekalian dipanas-panasin,” ujarnya.

“Harusnya orang kayak saya digosok sekalian biar tambah keras, ini malah ditakut-takutin. Iya kan salah, terus yang ngomongnya pendeta lagi,” lanjutnya.

“Nah, inilah pendeta, mentalnya budak kayak gitu. Udah gitu berebut minta maaf tambah goblok lagi. Berarti pendeta-pendeta ini tolol, bodoh semua.”

Bahkan, dengan kejadian seperti itu, Jozeph mengaku teringat dengan para pendeta Israel di Mesir yang menurutnya juga bermental budak. 

“Nggak yang Gilbert, yang PGI, saya kan ada upload ini kan, GKI Yasmin dengan Komnas HAM, PGI nya kan kutu kupret bilang dikit-dikit takut, ini mental budak, itu sudah kelihatan banget ada sesuatu yang enggak bener sama PGI mental budak. Orang pendeta tapi mental budak,” tegasnya di menit 30 detik ke-11.

Bagikan