Gubernur Nurdin Abdullah Kunjungi TPI dan Wisata Sampoddo Palopo

Nurdin Abdullah
Gubernur Nurdin Abdullah Kunjungi TPI dan Wisata Sampoddo Palopo

Terkini.id, Palopo – Sehari usai membuka Festival Keraton Nusantara (FKN) pada Senin, 9 September 2019 kemarin, Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah menyempatkan diri untuk meninjau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Palopo, Selasa, 10 september 2019.

Rombongan Gubernur bersama Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, dan Walikota Palopo HM. Judas Amir, serta Dandim 1403 sawerigading, Letkol Inf. Gunawan, sebelum ke TPI mampir untuk berpamitan kepada Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu To Bau beserta perangkat Kedatuan Luwu lainnya.

Kedatangan Gubernur di Istana Kedatuan Luwu, disambut langsung oleh Datu Luwu, dimana pada kesempatan itu, Datu Luwu memberikan cendramata atas nama Kedatuan Luwu berupa Keris Pusaka kepada Gubernur Nurdin Abdullah.

Usai berpamitan di Istana Kedatuan Luwu, Gubernur Sulsel melanjutkan untuk mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan(TPI) yang ada di Kecamatan Wara Timur, Kota palopo.

Dalam kunjungannya di TPI, Nurdin Abdullah berkesempatan berdialog bersama beberapa warga. Dan menyampaikan rencana renovasi dan revitalisasi TPI/PPI Palopo.

“Untuk Kota Palopo kita akan bangun TPI yang lebih representatif lagi, lebih sehat, yang akan dilengkapi dengan semua fasilitas di TPI,” ungkap Nurdin Abdullah.

Dirinya berharap pengembangan TPI Kota Palopo bisa seperti TPI di kampung halamannya di Bantaeng yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas TPI dan fasilitas umum lainnya.

Sementara itu, Walikota Palopo HM. Judas Amir di hadapan Gubernur mengungkapkan bahwa sebagian area di TPI Palopo serta Pelabuhan Tanjung Ringgit lebih rendah dari permukaan air laut, sehingga terkadang jika air pasang naik, akan menggenangi beberapa titik yang akan mengganggu aktifitas warga.

Usai meninjau TPI, rombongan gubernur melanjutkan kunjungannya ke daerah Wisata Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan yang merupakan gerbang selatan Kota Palopo.

Di daerah Wisata Sampodo, gubernur dan rombongan menyempatkan untuk singgah sekaligus melihat lokasi yang rencananya akan dikembangkan menjadi rest area Kota Palopo.

Usai meninjau kawasan rest area Palopo, dan menikmati jagung rebus Sampodo, rombongan gubernur bersama walikota Palopo selanjutnya bertolak ke Bandara Lagaligo menuju Makassar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini