Gubernur Sulsel Tinjau Hari Pertama UNBK di Makassar

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy meninjau langsung pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Makassar, Senin 1 April 2019. /Nasruddin

Terkini.id — Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy meninjau langsung pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Makassar, Senin 1 April 2019.

Mendikbud RI, Muhajir Effendy mengaku, kunjungan tersebut selain untuk meninjau langsung hari pertama UNBK, juga untuk membangun silaturahmi dengan Gubernur Sulsel.

“Hari ini saya berkunjung Provinsi Sulsel dan bersilaturahmi dengan pak Gubernur untuk memantau pelaksanaan ujian nasional untuk jenjang SMA. Dan berdasarkan pemantauan saya server berjalan dengan tidak ada gangguan. Mudah-mudahan yang terjadi di Sulsel ini juga terjadi di seluruh Indonesia,” ungkap Mendikbud RI, usai mengelilingi ruangan ujian, di SMA Negeri 1 Makassar.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menambahkan, untuk memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM) maka harus diperbaiki terlebih dulu keadaan infrastruktur seluruh sekolah.

“Saya kira kita dengar bagaimana misi Pak Jokowi tentu mulai dari pusat sampai jajaran pimpinan daerah ini harus satu visi kita. Bagaimana menyiapkan infrastruktur yang bagus untuk membangun SDM dan beberapa sarana dan prasarana,” ungkap Nurdin Abdullah.

Nurdin mengaku sudah berkeliling melakukan peninjauan di mana-mana. Menurutnya, apa yang disampaikan Mendikbud merupakan kebutuhan yang harus segera diatasi.

“Ujian nasional kita basisnya komputer dan tentunya sekarang ini menjadi kendala kita karena mencukupi Insyaallah kami akan join program dengan pak Menteri kedepannya, tahun depan kita akan mencoba untuk memperbaiki itu semua,” katanya.

Gubernur Sulsel juga berjanji untuk memperbaiki sekolah di Sulsel agar memiliki standar, dan tidak ada perbedaan bagi seluruh sekolah.

“Termasuk kita akan mendesak supaya sekolah itu berstandar semua. Begitu juga untuk fasilitas-fasilitas supaya tidak ada yang berbeda,” pungkasnya.

Untuk diketahui di SMA Negeri 1 Makassar yang mengikuti UNBK berjumlah 399 siswa dari jumlah keseluruhan 401 siswa. Dua orang siswa diantaranya sedang mengikuti pertukaran pelajar, 1 siswa di Australia dan 1 siswa lainnya di Amerika.

Sedangkan, di SMA Negeri 2 Makassar peserta didik yang mengikuti UNBK tahun 2019 berjumlah 418 orang, laki-laki 147 orang dan perempuan 271 orang.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Sulsel

Pemprov Genjot Reformasi Birokrasi di Sulsel

Terkini.id -- Memperkuat reformasi birokrasi dan memperbaiki manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan wujud reformasi birokrasi yang akan menjadi pondasi penting bagi pengembangan birokrasi