Guru Sulsel Jadi Peserta Terbaik Pertama Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka

Terkini.id, MakassarKurikulum Merdeka merupakan bagian penting yang akan dilalui guru se-Indonesia dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa. 

Oleh karena itu, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau disingkat PPPPTK PKn dan IPS yang akan bertransformasi menjadi Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) memberikan bimbingan kepada guru se-Indonesia. 

BBPG Jawa Timur yang merupakan naungan dari  Kemendikbudristek kemudian melaksanakan kegiatan diklat Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini.  
Dilaksanakan tanggal 20 s.d. 23 Juni 2022 di The Aliante Hotel & Convention Center, Malang. 

Baca Juga: Sederet Prestasi Zubair, Guru Sulsel Peserta Terbaik Diklat Implementasi Kurikulum...

Setelah melalui rangkaian kegiatan dan tes, Andi Muhammad Zubair, S.Pd guru SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar akhirnya meraih peserta terbaik pertama untuk kategori jenjang SD yang diumumkan di akhir sesi, Kamis, 23 Juni 2022. 

Kepala Bagian umum Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur, Sumandianto Affandi, S.Pd., M.M yang langsung memberi penghargaan kepada peserta yang meraih prestasi. Guru Zubair saat meraih sertifikat mengenakan batik bertulisan lontara di bajunya “Inakke Mangkasara Inakke Caradde (Saya Makassar, saya cerdas).

Baca Juga: Transformasi Kurikulum di Indonesia, Nadiem Makarim: Tidak Ada Lagi Jurusan...

 “Alhamdulillah, prestasi ini dipersembahkan untuk pendidikan Kota Makassar, dan tetap akan disalurkan ke rekan guru di Wahdah,” ungkap Guru Zubair yang merupakan satu-satunya wakil dari Sulawesi Selatan.  

Diketahui ada 106 peserta yang  mengikuti kegiatan ini dari berbagai daerah di Indonesia. 

Selama kegiatan berlangsung, para peserta mempelajari terkait strategi IKM, penyusunan kurikulum (CP, TP, ATP, modul ajar), asesmen, dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

Baca Juga: Transformasi Kurikulum di Indonesia, Nadiem Makarim: Tidak Ada Lagi Jurusan...

Tak hanya itu, kinerja peserta pun turut dinilai. Seperti tes pengetahuan, mengerjakan LK, dan keterampilan berdiskusi.

Setelah melalui seluruh rangkaian kegiatan IKM. Andi Muhammad Zubair terpilih sebagai peserta terbaik pertama untuk jenjang SD. Sebuah prestasi yang menjadi sebuah kesyukuran bagi pendidikan kota Makassar. 

Namun hal ini bukanlah akhir dari perjalanan bagi  guru Zubair. Ada hal terpenting yang mesti dilakukan yaitu melakukan pengimbasan kepada rekan guru di SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 dan KKG Kota Makassar agar sosialisasi IKM semakin luas dan manfaatnya dirasakan bagi guru Makassar.

Guru yang meraih juara 1 Guru Inspiratif Non-PNS Kota Makassar 2021, memiliki sejumlah karya dan prestasi. Diantaranya Google Senior Leaders Lab (2021), Google Certified Educator (2020), instruktur pembuatan komik edukasi (2021), instruktur di Forum KKG Kota Makassar, instruktur desain grafis dan pemanfaatan media pembelajaran digital.

Prestasi lainnya, yakni peserta terbaik pertama diklat Digdaya (STEAM) yang diselenggarakan PPPPTK PKn dan IPS, Kemendikbudristek 2020; peserta terbaik diklat Wawasan Kebangsaan khusus guru SD yang diselenggarakan PPPPTK PKn dan IPS, Kemendikbudristek 2021.

Bagikan