Habib Rizieq Sebut Pembelaan NU Terhadap Persoalan Gus Muwafiq Blunder

Habib Rizieq
Imam Besar FPI Habib Rizieq. (Foto: Harian Haluan)

Terkini.id, Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ikut menanggapi persoalan yang kini tengah dihadapi pendakwah Gus Muwafiq.

Menurut Habib Rizieq, KH Ahmad Mufawiq (Gus Muwafiq) terdesak oleh persoalan tersebut karena perilaku pendukungnya sendiri di media sosial.

“Pada saat masyarakat marah ada orang di kepengurusan NU (Nahdlatul Ulama) menganggap protes kepada kiai berarti serangan kepada NU. Nah ini juga jadi blunder. Karena ini bukan persoalan NU ini ada oknum pribadi menghina nabi,” kata Habib Rizieq, seperti dilansir dari Kumparan melalui saluran Front TV yang diunggah di YouTube pada Senin, 9 Desember 2019, kemarin.

“Mestinya PBNU maupun PWNU lainnya bersama dengan umat memperbaiki persoalan,” sambungnya.

Ia pun menanggapi langkah Gus Muwafiq yang meminta maaf ke umat Islam. Menurutnya, langkah tersebut sudah baik namun caranya meminta maaf belum bisa mendapatkan simpati dari masyarakat.

Hal yang juga cukup fatal terkait persoalan tersebut, kata Habib Rizieq, yakni pembelaan dari NU. Menurutnya, pembelaan tersebut justru membuat Gus Muwafiq semakin terdesak.

Rizieq mencontohkan ada penggemar Muwafiq yang mencoba membuka kitab dan mencari dalil-dalil sebagai pembenaran. Sikap seperti itu menurutnya menambah keruh suasana.

“Sebetulnya kasihan kiai tadi (Muwafiq). Sebetulnya kiai tadi minta maaf sudah bagus, tapi karena pecinta di sekitarnya ini tidak bisa menyesuaikan diri dengan permohonan maafnya kiai. Bahkan memperkeruh suasana,” ujarnya.

Olehnya itu, ia menyarankan agar NU tidak membela Gus Muwafiq, melainkan meminta Gus Muwafiq untuk melakukan secara terbuka agar dapat disaksikan publik.

“Mestinya NU ada bersama umat, bersama bukan menyerang kiai. Tapi yuk bersama kita perbaiki kiai, yuk kita dorong kiai ini bisa minta maaf secara terbuka kepada umat,” ujar Rizieq.

Sebelumnya, isi ceramah Gus Muwafiq yang menceritakan tentang kelahiran Nabi Muhammad dan kehidupannya di masa kecil viral di media sosial.

Ceramahnya tersebut menuai kontroversi di tengah-tengah publik lantaran dianggap sebagai penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

Ceramahnya itu pun sontak menuai kritikan dari sejumlah pihak. Namun, Gus Muwafiq telah meminta maaf jika ucapannya dalam video ceramahnya tersebut menyinggung umat Islam.

Lewat video klarifikasinya, ia mengatakan tak ada maksud menghina siapapun apalagi Nabi. Dirinya mengaku sangat mencintai Rasulullah.

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, tidak ada maksud menghina. Mungkin hanya inilah cara Allah menegur agar ada lebih adab terhadap Rasulullah, dengan kalimat-kalimat yang sederhana, tetapi beberapa orang menganggap ini kalimat yang cukup berat,” kata Gus Muwafiq dalam video klarifikasinya.

Komentar

Rekomendasi

Klaim Punya Harta Warisan Soekarno, Polisi Bakal Periksa Petinggi Kerajaan ‘King of The King’

Pushidrosal Kirim Delegasi ke Pertemuan Tingkat Dunia di Jepang dan Australia

Muncul Kerajaan Baru ‘King of The King’, Klaim Punya Harta Rp60 Ribu Triliun

Warga di Wuhan China Berebutan Masker, Pria Ini Manfaatkan Pakaian Dalam Wanita

Beredar Kabar Virus Corona Telah Masuk di Makassar, Ini Faktanya

Virus Corona Membunuh, Warga Soppeng Tetap Hidup Rukun dengan Jutaan Kelelawar

Ngaku Kader NU Tulen, GP Ansor Bakal Somasi Petinggi Sunda Empire Rangga

Petinggi Sunda Empire Ngaku Kader NU, Ini Tanggapan GP Ansor

SBY Kupas Skandal Jiwasraya, Dorong DPR Bentuk Pansus seperti Kasus Bank Century

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar