Hadiri Peringatan 50 Tahun Bulan K3, Begini Ajakan Menaker Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, Ketua Umum APJK3 Nasional Dr. Isradi Zainal, Mantan Menteri Tenaga Kerja&Transmigrasi dan Menteri Perindustrian Fahmi Idris dan Herman Pujiono menghadiri bulan K3 yang dirangkaikan dengan sosialisasi budaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di area CFD.

Terkini.id, Jakarta – Peringatan 50 tahun bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Nasional Tahun 2020 sukses berlangsung di Monas, Jakarta Pusat Minggu 12 Januari 2020.

Acara yang dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, Ketua Umum APJK3 Nasional Dr. Isradi Zainal, Mantan Menteri Ketenagakerjaan Fahmi Idris dan Herman Pujiono dirangkaikan dengan sosialisasi budaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di area CFD.

Peringatan 50 Tahun Bulan K3 ini dirangkaikan dengan pencanangan bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Nasional Tahun 2020 oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa K3 Nasional yang juga Ketua Komisi II Dewan K3 Nasional Dr Isradi Zainal mengatakan upacara bulan K3 Nasional dilaksanakan secara serentak di setiap provinsi.

“Peringatan bulan K3 ini berlangsung selama sebulan, mulai tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2020 mendatang,” tutur Isradi.

Isradi juga menyinggung soal masalah budaya K3. Menurutnya, masalah budaya K3 sudah dibahas juga oleh sejumlah Asosiasi, Praktisi, Ahli K3 dan Perusahaan pada awal Desember 2019 lalu dan difasilitasi DK3N.

“Hasilnya sudah diserahkan ke DK3N untuk disampaikan ke Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia,” ujar pria kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan ini.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, Ketua Umum APJK3 Nasional Dr. Isradi Zainal, Mantan Menteri Ketenagakerjaan Fahmi Idris dan Herman Pujiono dirangkaikan dengan sosialisasi budaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di area CFD.Bukan itu saja, Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI)  juga menyinggung soal ibu kota baru. Menurutnya, pihaknya sudah sering menyampaikan di sejumlah kesempatan dan seminar bahwa konsep ibu kota baru yang ada di Kalimantan Timur agar berbasis Smart Safety City yang saat ini dianggap belum terurai secara detail dikonsep dan desain ibu kota negara atau IKN.

Smentara itu, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah mengatakan keselamatan dan kesehatan kerja menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang makin kompleks, diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien dan inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Untuk itu, Ida meminta seluruh pihak dapat melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing agar budaya K3 benar-benar terwujud di seluruh tanah air.

“Diperlukan lompatan dan terobosan dengan inovasi-inovasi baru agar pelaksanaan K3 dapat terus diperkuat di tengah gerak perubahan masyarakat dan revolusi industri yang kian melesat,” jelas Ida.

Dijelaskan Ida kalau K3 sebagai budaya maka K3 akan menjadi lebih baik, untuk itu perlu dilaksanakan sosialisasi secara masif kepada stake holder ketenagakerjaan kita kepada perusahaan, buruh, kepada serikat pekerja, kepada pemerintah daerah, kepada masyarakat dan lain lain

terkait ibu kota Negara.

“Kalau budaya K3 diterapkan di IKN maka ibu kota akan aman dan nyaman yang oleh Pak Jokowi disebut Smart city,” terangnya.

Ida juga mengajak seluruh pemangku kepentingan baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat, untuk terus meningkatkan pengawasan dan penyadaran akan pentingnya K3.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, Ketua Umum APJK3 Nasional Dr. Isradi Zainal, Mantan Menteri Tenaga Kerja&Transmigrasi dan Menteri Perindustrian Fahmi Idris dan Herman Pujiono menghadiri bulan K3 yang dirangkaikan dengan sosialisasi budaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di area CFD.

Persoalan K3 kata dia hendaknya tidak hanya diingat dan dibahas saat terjadi kasus kecelakaan atau musibah di tempat kerja.

“Jangan sampai problem K3 baru mendapat perhatian saat korban berjatuhan. Jangan sampai kita baru peduli soal K3 ketika ada gugatan dari masyarakat atau keluarga korban, ” terang dia.

Diketahui peringatan Bulan K3 Tahun 2020 ini mengusung tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”.

Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 turut dimeriahkan sejumlah kegiatan seperti atraksi Safety Rope Access, pemeriksaan kesehatan, senam sehat K3, dancer anak-anak, dan hiburan dari group band D’ Masiv.

Komentar

Rekomendasi

Basarnas Hentikan Pencarian Petani Rumput Laut yang Tenggelam di Jeneponto

Beredar Video Perawat di China Menangis Histeris, Diduga Frustasi Tangani Pasien Virus Corona

Ogah Nikahi Pacarnya, Pria Ini Sengaja Mencuri dan Masuk Penjara

Pemandangan Mengerikan Korban Virus Corona di China, Ambruk di Jalan Seperti Zombie

Sunda Empire Ancam Seluruh Negara di Dunia Jika Tak Daftarkan Ulang Masa Pemerintahannya

PP Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Haram Untuk Vape, Ini Tanggapan MUI

Karyawati Ini Rekam Aksi Pria Onani di Mobil, Videonya Disebarkan Biar Pelaku Kapok

Ramai Soal Virus Corona di Wuhan, Begini Penjelasan Direksi Garuda Indonesia

Nelayan Cari Petani Rumput Laut yang Tenggelam, BPBD Jeneponto Jadi Penonton

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar