Hah? Usia 10 Tahun Presiden Jokowi Disebut Sudah Hafal 40 Juz Alquran, Begini Penjelasannya

Terkini.id, Jakarta – Belakangan beredar kabar yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo alias Jokowi sudah hafal Alquran 40 juz sejak usia 10 tahun.

Tentu saja kabar tersebut adalah hoax, tetapi anehnya beredar dengan sangat cepat di tengah masyarakat.

Bahkan kabar tersebut terus berkembang dan menjadi salah satu daya tarik perbincangan publik.

Baca Juga: Mimbar dan Baliho Bergambar Yesus Kristus Dirusak Oknum, Pendeta Menangis...

Kabar hoax sendiri merupakan kabar ‘ngawur’ dan masih belum tentu fakta keaslian dan kebenarannya, bahkan kebanyakan kabar tersebut merupakan berita yang salah atau tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Namun, masih saja ada sejumlah pihak yang menyebarkannya. Misalnya seperti akun Twitter Kimberley20101 baru-baru ini yang mengunggah sebuah cuitan berikut:

Baca Juga: Polemik Tes PCR, Netizen: Tak Berhasil Memakmurkan Rakyat tapi Sukses...

“Anekdot. Maksud hati mau buat orang lain kagum. Tapi apa daya, kebodohan lah yang dia tampakkan. Al Quran itu 30 Juz, pung. Sisa 10 juz itu surat apa? HGU? Pigin ktwa tkut cebong marah hi hi alpatekah.”

Sementara itu, narasi dalam foto berbunyi seperti berikut:

“Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz.”

Baca Juga: Polemik Tes PCR, Netizen: Tak Berhasil Memakmurkan Rakyat tapi Sukses...

Hasil dari cuitan Twitter tersebut pun mendapatkan 107 balasan, 107 rettweet, dan 312 suka.

Kesimpulan:

Dari hasil penelusuran, sebagaimana dilansir terkini.id dari Turnbackhoax via Kabarbesuki pada Minggu, 26 September 2021, mencuat fakta tentang foto dalam unggahan tersebut yang ternyata hanya hasil editan.

Dikarenakan foto Luhut yang ada dalam unggahan Twitter Kimberley sudah pernah dipublikasikan dalam sebuah artikel di media online yang berjudul ‘Luhut: Jokowi Pilih Ma’ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI’ yang tayang pada 14 agustus 2018 lalu.

Perihal mengenai Alquran tersebut, sebetulnya ada 30 Juz dengan nama setiap juznya yang tidak sama, bukan seperti yang diunggah Twitter tersebut, yaitu 40 Juz.

Lalu terkait artikel yang yang berjudul ‘Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz’ sudah pernah diklarifikasi terkait kebenarannya dan terbit pada 31 Agustus 2020 lalu.

Sementara itu, untuk gambar juga sudah pernah diklarifikasikan di laman Turnbackhoax dengan judul ‘[SALAH]’ dengan gambar artikel berjudul ‘Luhut Sebut Sejak Kecil Jokowi Sudah Hafal 40 Juz Alquran’ yang terbit pada 8 April 2020.

Jadi, dapat dipastikan terkait unggahan tersebut merupakan berita dengan kategori hoax atau konten yang sangat menyesatkan.

Bagikan