Masuk

Nekat! Dua Remaja Ini Gowes Sepeda ke Mekkah untuk Ibadah Haji Tahun 2022

Komentar
DPRD Kota Makassar

<p><p>

Terkini.id – Masyarakat dihebohkan dengan aksi dua remaja yang nekat melakukan aksi gowes sepeda ke Mekkah untuk ibadah Haji tahun 2022.

Aksi dua remaja yang nekat melakukan gowes sepeda ke Mekkah untuk ibadah Haji tahun 2022 mendatang itu pun mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.

Baca Juga: KTT G20 di Bali, Sejumlah Kepala Negara Ingin Bertemu Jokowi

Dua remaja yang bernama Andi Harvin Daeng Thalib (26) dan Chairul Ma’atini (27), warga Gorontalo itu melakukan aksi gowes sepedanya dari Kota Gorontalo menuju Mekkah, Arab Saudi. 

Berdasarkan keterangan keduanya, mereka sebelumnya telah mempersiapkan mental, bekal hingga sarana dan prasarana menuju Tanah Suci Makkah untuk niat Beribadah Haji.

“Iya mas, kita dari Gotontalo mau ke Saudi Arabia, Mekkah, InsyaAlloh untuk beribadah,” tutur Andi saat berada di Kota Solo pada Sabtu, 16 Oktober 2021 dikutip dari Suara, jarigan Terkini.id.

Baca Juga: Lagu Terbaru Yura Yunita Sukses Membuat Netizen Tersentuh

Dirinya beralasan niat mengayuh sepeda dari Gorontalo ke Mekkah tersebut karena hobi bersepeda, dan niat untuk ke Tanah Suci melakukan Ibadah Haji.

“Kita niat, ada biaya terus kita berangkat. Tidak ada persiapan khusus,” jawaban yang sama dari Chairul.

“Insya Allah kita ke Tanah Suci untuk melakukan Ibadah Haji kalau diijinkan, namun kalaupun tidak, kita ya hanya melakukan Ibadah Umroh saja,” sambung Andi.

Andi mengungkapkan jika mereka telah mempersiapkan biaya perjalanan ke Mekkah.

Baca Juga: Pemerintah Menyebutkan Monas, TIM, Sarinah Akan Menjadi Rencana Tempat Relokasi Citayam Fashion Week

Keduanya sebelumnya telah menabung selama kisaran setahun dan hasilnya mereka niatkan untuk pergi beribadah menggunakan transportrasi sepeda.

Selama perjalanan gowes tersebut, Andi dan Chairul juga mempersiapkan komunikasi agar bisa berbicara bahasa arab dan inggris.

Awalnya keduanya belajar Bahasa Arab lebih dulu selama satu bulan di Makassar. Kemudian mereka ke Kampung Inggris Kediri selama dua pekan untuk belajar Bahasa Inggris sebelum meneruskan perjalanan lagi.

Selain mempersiapkan bahasa, mereka juga mempersiapkan bekal seadanya, seperti baju, alas untuk tidur, makanan ringan, dan air mineral.

Keduanya menjelaskan kalaupun ada bantuan biaya tambahan lagi dari rekan lain dalam perjalanan ke Mekkah, mereka tidak menutup kemungkinan akan menerimanya sebagai support dan berkah.

Dalam perjalanan keduanya menuju Mekkah, Andi menjelaskan memulai start dari Gorontalo pada tanggal 6 Juni 2021 kemarin.

“Jadi ini sudah bulan ke 4 ya, sejak Juni kemarin. Dari Gorontalo, Makasar hingga Surabaya, Yogya, dan Solo ini,” jelasnya.

Andi mengungkapkan bahwa mereka akan terus melanjutkan perjalanan menuju Sumatera hingga nanti sampai pada pelabuhan untuk berangkat ke luar negeri.

Andi dan Chairul rencananya akan sampai ke Mekkah, sebelum Ibadah Haji Tahun 2022 mendatang.

“Rencana tahun depan sebelum musim Haji kita sampai di Mekkah. Insya Allah, mohon doanya,” tutur Chairul.