Masuk

Hentikan Menakut-nakuti Rakyat!

Komentar

TIDAK disangkal bahwa dunia kita saat sejak beberapa tahun terakhir menghadapi permasalahan multi dimensional. Dari masalah keamanan (peperangan dan kekerasan), masalah sosial ekonomi, hingga kepada masalah lingkungan hidup (climate change) dan kerusakan alam (natural disaster) yang nyata mengancam kehidupan manusia.

Sesungguhnya permasalahan dunia kita bukan hanya akan terjadi di tahun 2023 ini.

Bahkan sebelum merebaknya pandemi covid 19, yang boleh jadi merupakan peristiwa kelam dalam sejarah manusia itu, berbagai permasalahan kehidupan telah banyak dibicarakan.

Baca Juga: Rezeki vs Gaji

Isu lingkungan, peperangan dan ketidak amanan, hingga ke masalah ekonomi dan kemiskinan dan seterusnya.

Saya teringat Sekjen PBB ketika itu, Kofi Annan, menyampaikan laporannya pada Pertemuan Tingkat Tinggi memasuki abad 21 atau “Millennium Summit” di tahun 2000.

Ketika itu beliau menyampaikan bahwa manusia memasuki abad baru (abad 21) ini menghadapi berbagai ancaman yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: I Am Sorry, I’ve Misunderstood Your Faith!

Beliau ketika itu menekankan bahwa manusia akan memasuki abad baru ini dengan dua bentuk tekanan atau ancaman (threat).

Yaitu ancaman ketakutan atau ketidak amanan (fear) dan ancaman kemiskinan atau ketidakmampuan memenuhi hajat hidup manusia secara layak.

Dan karenanya menurut beliau, memasuki abad 21 ini manusia harus dibebaskan dari ketidak amanan (freedom from fear) dan dari kebutuhan atau kemiskinan (freedom from want).

Sejak Annan menyampaikan pidato itu rasanya dunia kita belum juga pernah terbebaskan dari kedua ancaman itu.