HUT ke-60, 18 Pasien Bibir Sumbing Berhasil Dioperasi di RS Sultan Daeng Radja

Pengurus DPP KKB bersama Tim medis operasi bibir sumbing gratis di RS Sultan Daeng Radja, 4 Februari 2020.

Terkini.id, Bulukumba – Sebanyak 18 pasien bibir sumbing gratis berhasil dioperasi di Rumah Sakit Sultan Daeng Radja Bulukumba pada Selasa, 4 Februari 2020.

Operasi bibir sumbing gratis ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bulukumba dengan Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB), TP PKK Propinsi, Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, TP PKK Propinsi dan Kabupaten  Bulukumba serta Yayasan Celebes Cleft Center Makassar.

Sekretaris Umun DPP KKB, Hendra Fachri mengatakan ini merupakan bakti sosial dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-60 Kabupaten Bulukumba dengan bekerjasama antara Pemda, KKB, PKK Propinsi maupun Kabupaten, FKG Unhas, Yayasan Celebes Cleft Center Makassar.

Tim medis berfoto bersama dengan tim medis di Rujab Bupati Jeneponto

“Jadi baksos operasi bibir sumbing ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap bibir dan lagit-langit sumbing di Kabupaten Bulukumba,” bebernya.

Direktur RS Gigi dan Mulut FKG UNHAS,
drg.A.Tajrin,M.Kes.,SpBM(K) mengatakan operasi bibir sumbing sangat penting untuk membantu penderita dari aspek kesehatan, sosial dan psikososial. Penderita bisa makan atau minum, berbicara dengan baik dan pergaulannya tidak terhambat.

“Alhamdulillah dalam rangka Hari Jadi ke-60 Bulukumba, terdapat puluhan pendaftar namun hanya 18 pasien yang berhasil lolos screening oleh tim medis kami. Dan sisanya ada yang belum layak karena ada infeksi paru-paru bahkan kelainan jantung jadi butuh pemeriksaan lanjutan sebelum ditindaki,” ujarnya.

Dijelaskan Tajrin bahwa dari jumlah pendaftar yang ada itu menandakan bahwa sebenarnya banyak pasien bibir sumbing cuma kadang ciri khas dari pasien malu jadi nanti ada operasi baru dia muncul.

Gubernur Sulsel tinjau pelaksanaan operasi bibir sumbing gratis

“Kami berharap agar seluruh masyarakat yang mempunyai keluhan bibir sumbing, untuk segera ke petugas kesehatan memeriksakan diri dan mendapatkan penjelasan tentang kesehatan sedini mungkin,” terangnya.

Bupati Bulukumba AM Sukri A Sappewali sangat mengapresiasi kerjasama ini atas pelaksanaan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis di HUT Bulukumba ini.

“Kami dari Pemda Bulukumba mengucapkan terima kasih kepada tim medis dari Unhas, juga kepada DPP KKB, TP PKK Propinsi dan Kabupaten beserta seluruh pihak yang melakukan baksos ini demi membantu penderita bibir sumbing ini,”ungkap pungkasnya.

Baksos yang dipimpin langsung oleh Direktur RS Gigi dan Mulut FKG UNHAS,
drg.A.Tajrin,M.Kes.,SpBM(K) ini turut disaksikan Gubenur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Ketua TP PKK Sulsel, Kapolda Sulsel, Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Ketua Umum DPP KKB, beserta beberapa jajaran pejabat lainnya usai mengikuti upara perayaan Hari Jadi Bulukumba ke-60.

Komentar

Rekomendasi

Berkebun di Rumah Selama social distancing Pandemi Covid-19

Aktor ini Tulis Puisi untuk Jurnalis Tangguh yang Meliput Wabah Corona

Penyandang Disabilitas di Makassar Produksi Masker Atasi Kelangkaan di Tengah Wabah Corona

Ini Pesan dan Ajakan Aryo Wijoseno Guna Lawan Corona

Cegah Virus Corona, AMPHURI Bersama PCNU Bakal Gelar Doa dan Zikir

Syamsul, 10 Tahun Mengikis Gunung Pakai Linggis yang Ketiban Rezeki Umrah

Peringati Hari Kanker Sedunia, Karyawan Best Western Makassar Kenakan Pita

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Orang Pertama di Indonesia yang Diangkat Jadi PNS

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar