HUT RI, Penyelam Bentangkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Papua Barat

Merah Putih
HUT RI, Penyelam Bentangkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Papua Barat

Terkini.id, Papua – Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat memperingati HUT RI yang ke-74, dengan membentangkan bendera merah putih, di bawah laut dengan melibatkan 10 penyelam yang berasal dari Tidore, Maluku Utara, Seram Bagian Timur, Maluku dan Fakfak, Papua Barat.

Kegiatan yang dipusatkan di Teluk Mamburuni (Jalan Baru), Fakfak, ini didukung oleh pemerintah setempat, TNI, Polri dan Relawan Konservasi Handal, juga Basarnas Fakfak.

Ketua Tim Penyelam, Prayogo Prastyo Bagus Kusuma, panjang bendera disesuaikan dengan usia kemerdekaan Indonesia, yakni 74 tahun.

“Sengaja dipilih pada kedalaman 8 meter sesuai bulan kemerdekaan. Agenda ini sekaligus sebagai wujud rasa cinta dan mempertahankan nilai-nilai sejarah, dalam perjuangan, khususnya pahlawan lokal saat pembebasan Irian Barat,” ujar Prayogo kepada Media, Minggu, 18 Agustus 2019.

Menurutnya, kondisi laut Fakfak, saat pembentangan tersebut cukup baik dengan kejernihan sehingga jarak pandang tidak terlalu bermasalah, meski saat ini di Fakfak sedang musim hujan.

Anggota Mapala Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar itu menyebutkan, komitmen para penyelam yakni untuk membantu pemerintah daerah dalam hal pengurangan pencemaran lingkungan.

“Apalagi, Pemerintah RI telah mentapkan Papua Barat merupakan provinsi konservasi yang di dalamnya adalah Kabupaten Fakfak yang memiliki kawasan konservasi di Teluk Nusalasi Vanden Bos dan Berau Fakfak, sehingga agenda yang baru pertama kali dilakukan di Fakfak ini, bisa mengajar masyarakan untuk lebih melindungi kebersihan dan ekosistem laut,” ujar Prayogo.

Usai membentangkan, bendera tersebut lalu dinaikkan kembali ke permukaan, hingga tampak memanjang di permukaan laut yang berhadapan dengan Pulau Panjang.

Prayogo menyampaikan ucapan terima kasih pada semua komponen yang mendukung termasuk antusiasme masyarakat Fakfak dalam memberi dukungan dalam pembentangan bendera tersebut.

“Meski sebelumnya seringkali kami membentangkan bendera di bawah laut, namun kali ini adalah bendera terpanjang yang kami bentangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Fakfak, Untung Tamsil mengatakan, pihaknya merasa terpanggil bersama-sama memeriahkan HUT RI Ke-74, sekaligus menggandeng relawan Konservasi Laut Handal dalam kegiatan tersebut.

“Ini juga merupakan komitmen Bupati Fakfak, Muhammad Uswanas, untuk mendukung Kabupaten Fakfak sebagai kawasan konservasi,” ujar Untung.

Pihaknya juga berharap, Laut Fakfak tetap terjaga agar produksi ikan melimpah.

“Dengan momentum ini, kami juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan menjaga kebersihan laut, untuk masa depan sumber pangan di Fakfak,” pungkasnya.

Komentar
Terkini
News

Cerita Saut Situmorang yang Batal Mundur dari KPK

Terkini.id, Jakarta - Saut Situmorang sebelumnya ramai dibicarakan lantaran mengundurkan diri dari posisinya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kini, Saut menerangkan bahwa dirinya tidak mengundurkan diri.