Masuk

Inilah Profil 5 SMA Terbaik di Sulawesi Selatan Berdasar Nilai Rerata UTBK 2022

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Lima SMA di Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam daftar sekolah terbaik berdasar nilai rerata Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pertengahan Agustus lalu.

Lima SMA tersebut berada di Kabupaten Gowa, Kabupaten Bone, dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Namun, Ketua LTMPT, Prof.Mohachamad Ashari mengingatkan agar pemeringkatan ini jangan dinilai sebagai penilaian sekolah terbaik secara keseluruhan. Rilis tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban LTMPT kepada masyarakat untuk mengetahui SMA/MA atau SMK yang mengikuti UTBK secara nasional.

Baca Juga: Kinerja Industri Keuangan Non Bank Sulawesi Selatan 2022 Tumbuh Positif

Pada 2022, LTMPT telah menggelar UTBK yang diikuti sebanyak 23.657 sekolah dengan peserta yang ikut sebanyak 745.115 orang.

Nah, berikut ini lima sekolah jenjang SMA di Provinsi Sulawesi Selatan yang masuk dalam daftar Top 1000 Sekolah berdasar nilai rata-rata UTBK 2022:

MAN Insan Cendekia Gowa

Baca Juga: Tumbuh 27 Persen, Penerimaan Pajak di Sulawesi Selatan Capai Rp 12,79 Triliun Tahun 2022

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gowa berlokasi di Jalan Pendidikan Desa Belapunranga, Parangloe, Gowa, Sulawesi Selatan.

Dalam daftar Top 1000 Sekolah, MAN Insan Cendekia Gowa berada di peringkat 139 dari seluruh Indonesia. Sementara untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, sekolah ini berada di posisi pertama.

Sejak 2018, MAN Insan Cendekia Gowa adalah salah satu dari 22 MAN Insan Cendekia yang ada di seluruh Indonesia.

SMA Islam Athirah Bone

Baca Juga: Gegara Diduga Penculik Anak, ODGJ di Makassar Dikeroyok Warga

SMA Islam Athirah Bone berada di posisi 170 dalam Top 1000 Sekolah. Sementara untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, sekolah ini berada di posisi kedua.

Sekolah ini digagas Hadji Kalla dan istrinya Hadjah Athirah untuk memajukan pendidikan. Sekolah ini pun dikelola oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Hadji Kalla.

Sejak 2011, sekolah yang berada di Jalan Sungai Musi Km.4 ini merupakan boarding school atau sekolah berasrama. Konsep dasar Sekolah Islam Athirah adalah berciri Islam, berjiwa nasional, dan berwawasan global.

SMA Zion Makassar

SMA Zion yang berdiri pada 2011 berada di posisi 178 dalam daftar Top 1000 Sekolah. Sedangkan di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, sekolah yang berada di bawah naungan Gereja Kebangunan Kalam Allah (GKKA) Jemaat Makassar berada di peringkat ketiga.

SMA Zion adalah sekolah yang berlandaskan iman Kristen yang memiliki visi menjadi lembaga pendidikan yang mencerdaskan dan membentuk intelektual, iman serta moral peserta didik yang berdaya saing tinggi.

Dan sejak 2013, SMA swasta ini telah mendapat Akreditasi A. Sekolah ini berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.93-95, Melayu, Wajo, Kota Makassar.

SMAN 5 Gowa

SMA Negeri 5 Gowa berada di peringkat 247 dalam Top 1000 Sekolah. Sementara, di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, sekolah ini berada di posisi keempat.

Sebelumnya, SMA ini adalah SMU Negeri 02 Tinggimoncong atau yang lebih dikenal dengan SMUDAMA yang menyandang status SMA Andalan Sulawesi Selatan. Kini, SMA Negeri 5 Gowa berada di Jalan poros Makassar-Malino Km. 62 Kabupaten Gowa.

SMA Katolik Rajawali Makassar

Di posisi kelima ada SMA Katolik Rajawali Makassar. Sekolah ini berada di peringkat 315 dalam Top 1000 Sekolah.

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Joseph YEEMYE Makassar dan berdiri sejak 1954 dengan status sebagai kelas filial (kelas jauh) dari SMA Katolik Cenderawasih.

Baru pada 1 Januari 1980, terjadi pemisahan dengan SMA Katolik Cendrawasih yang menjadikan SMA Katolik Rajawali berdiri sendiri.

Dan sejak Januari 2008, SMA Katolik yang berada di Jalan Lamaddukelleng No.7, Losari, Kota Makassar ini mendapatkan Akreditasi A. Status ini masih tetap bertahan sampai sekarang.