Jadi Irup Upacara Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Walikota Palopo

Jadi Irup Upacara Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Walikota Palopo

Terkini.id. Palopo – Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir selaku Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tingkat Kota Palopo Tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Senin 28 Oktober 2019.

Dalam amanatnya saat membacakan sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, Walikota Palopo menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh Pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Lanjutnya, Hari sumpah pemuda  kali ini yang mengambil tema “Bersatu Kita maju”.  Sebagai upaya menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Tema ini sangat jelas, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Dan ini sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan Pemuda lah di Indonesia bisa lebih maju.” ungkap Judas Amir.

Ditambahkan Judas Amir, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah.

“Apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara maka dampak negatif tersebut akan mudah masuk,” tegas Judas.

Ditambahkan Judas, Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta Pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam Kancah internasional.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, Mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” tegasnya.

Di akhir amanatnya, Walikota membandingkan dimana kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas Pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, melahirkan ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuangan mu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” tandasnya.

Upacara turut dihadiri Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, Unsur Forkopimda lingkup Kota Palopo, para Asisten Setda Kota Palopo, Para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo, Para ASN Lingkup Pemerintah Kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Gowa Raih Swasti Saba Wistara

Terkini.id,Jakarta - Pemerintah Kabupaten Gowa kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, predikat yang diraih sebagai Kabupaten/Kota Sehat  Tahun 2019 dengan penghargaan Swasti Saba