Jelang KKN PPM, Mahasiswa UNM Dibekali Pelatihan Diversifikasi Olahan Ikan Laut

Mahasiswa UNM
Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM)

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti Pelatihan Diversifikasi Olahan Ikan Laut di Gedung BD 204 lt. 2 Fakultas Ekonomi (FE) UNM.

Dalam pelatihan tersebut, tiga belas mahasiswa yang hadir dibagi kelompok untuk membuat olahan ikan seperti Nugget Ikan, Bakso Ikan, Pepes Ikan, dan Otak-otak.

Nantinya, olahan ikan tersebut akan dijadikan program pemberdayaan masyarakat pada KKN-PPM UNM dibawah bimbingan dosen UNM, Ernawati S Kaseng, Abd Rahman, dan Pince Salempa di Desa Pancana, Kabupaten Barru pada Juni 2019, mendatang.

Ernawati S Kaseng, salah seorang dosen yang memberi pelatihan, mengungkapkan bahwa pelatihan yang diberikan saat ini akan menjadi bekal mahasiswa saat pelaksanaan KKN-PPM nantinya.

“Jadi sekarang ini anak-anakku dilatih buat olahan ikan. Lalu nanti kalian kalo sudah sampai di lapangan bisa memberi pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga yang ada di Barru,” terangnya.

Pelatihan diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat setempat

Lebih lanjut, Ernawati mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Setelah dibekali pelatihan, hasil olahannya nanti bisa dikemas, dan dipasarkan. Kita yang akan bantu masyarakat nanti memasarkan. Jadi diharapkan bisa membantu menaikkan ekonomi masyarakat disana,” tambahnya.

Kuntari, salah seorang peserta KKN-PPM, mengungkapkan bahwa selain pelatihan diversifikasi olahan ikan, akan diadakan pelatihan lainnya saat pelaksanaan KKN-PPM di Barru nantinya.

“Iya, Ibu bilang kemarin yang pokok kita melatih ibu-ibu rumah tangga disana untuk mengolah hasil lautnya. Tapi nantinya juga kita bakal adakan beberapa pelatihan soft skills tambahan seperti desain dan sejenisnya. Nanti disesuaikan,” ungkapnya.

Komentar

Rekomendasi

Cara Mahasiswa Pertanian Unila Tingkatkan Minat Baca Dalam Kampus dan Sekitarnya

Di Kendari, Direktur Polbangtan Gowa sosialisasikan KOSTRATANI sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian

Cari asisten kebun yang unggul dan tangguh, BPI lakukan sosialisasi dan rekrutmen mahasiswa di Polbangtan Gowa

Salah Satu Alumnus Terbaiknya Meninggal Dunia, Universitas Sawerigading Makassar Berduka

Dukung pertanian wilayah perbatasan, Polbangtan Gowa kembali akan mengirimkan mahasiswa pendamping

Telkom MDV gelar talkshow “The Future Agriculture 4.0, Transforming Agriculture Through Innovations”, hadirkan mahasiswa Polbangtan Gowa sebagai speaker

Dr. Syaifuddin: makin banyak karya ilmiah yang dihasilkan, maka makin tinggi juga kompetensi diri dan berdampak pada reputasi institusi

Lewat Inaugurasi, Fakultas Kedokteran Unhas Lantik Anggota Baru KEMA FK UH

Mapala STIK Tamalatea Makassar Hadirkan Pakar Ulas Masalah Kesehatan Lingkungan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar