Jemaah Asal Indonesia Peroleh Izin Masuk ke Arab Saudi Tanpa Transit

Terkini.id, Jakarta-  Jemaah asal Indonesia telah mengantongi izin dari pemerintah Arab Saudi untuk berkunjung ke negara tersebut tanpa harus transit.

Dilansir dari CNN Indonesia, pada Jum’at, 26 November 2021, Izin masuk tanpa harus transit tersebut mulai diberlakukan tanggal 1 Desember.

Sebelumnya, jemaah asal Indonesia resmi memperoleh izin dari pemerintah Saudi per Oktober lalu. Namun, proses kedatangan dan hal teknis lainnya masih dalam tahap diskusi antar kedua negara.

Baca Juga: Habib Rizieq Mengaku Dapat Pesan dari Rasulullah, Denny Siregar Sindir:...

Sebab, saat itu Arab Saudi hanya menerima jemaah umrah dari luar negeri secara bertahap, berasal dari negara yang masuk zona hijau, dan mengantongi status vaksinasi yang diperbolehkan berkunjung.

Izin masuk dari pemerintah Arab Saudi tersebut diberikan kepada enam negara. Diantaranya, Mesir, Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan juga Indonesia.

Baca Juga: Habib Rizieq Ngaku Dapat Pesan dari Rasulullah: Disampaikan ke Saya

Pemberian izin tersebut dikeluarkan berdasarkan pembaruan situasi terhadap pandemi covid-19 Arab Saudi dan global, termasuk enam negara tersebut.

Seluruh pendatang dari keenam negara tetap diwajibkan untuk menjalakan karantina selama lima hari setibanya di Arab saudi.

“Karantina selama lima hari tersebut wajib dijalankan seluruh pendatang dari keenam negara terlepas dari status vaksinasi mereka di negara asal” tutur pejabat Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Baca Juga: Habib Rizieq Ngaku Dapat Pesan dari Rasulullah: Disampaikan ke Saya

Pejabat Kemendagri juga mengatakan bahwa semua prosedur tindakan harus dievaluasi terus menerus oleh otoritas kesehatan Saudi, sesuai dengan perkembangan situasi epidemiologis secara global.

Sehingga, dengan adanya pemberian izin tersebut, WNI yang berkunjung ke Arab Saudi termasuk jemaah umrah, tidak perlu lagi melakukan transit.

Bagikan