Rayakan Tahun Baru Islam Sekaligus Sambut Jemaah Haji, Bupati Bulukumba Minta Ini

Rayakan Tahun Baru Islam Sekaligus Penyambutan Jemaah Haji

Terkini.id,Bulukumba – Setelah melaksanakan jalan santai Hijratur Rasul yang dipusatkan di Lapangan Ponre, Kecamatan Gantarang, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Bulukumba menggelar zikir dan tauziyah menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H di Masjid Islamic Center Dato Tiro, Senin 2 September 2019.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan acara penyambutan jamaah haji Kabupaten Bulukumba yang tergabung dalam kloter 6 embarkasi debarkasi Makassar.

Dengan tema Momentum Hijriah, SDM Unggul Berkarakter, Indonesia Maju, Bulukumba Sejahtera, ketua DPRD, pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah, kepala organisasi perangkat daerah, ketua MUI, tim penggerak PKK, DWP Kemenag Bulukumba, ASN lingkup pemerintah daerah dan Kemenag serta masyarakat dan jamaah haji kloter 6 hadir pada acara yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Islam 1441 H di Kabupaten Bulukumba.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba Dr. H. Ali Yafid, S.Ag, M.Pd.I yang juga diamanahkan menjadi Ketua PHBI melaporkan zikir dan tauziyah yang digelar di masjid kebanggan masyarakat Bulukumba ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar PHBI yang diharapkan menjadi momentum perubahan sikap dan perilaku ke arah yang lebih baik.

“Kami laporkan pula sebanyak 431 jamaah haji Bulukumba terdiri dari 409 jamaah reguler ditambah 22 jamaah haji tambahan kembali dalam keadaan utuh,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Bulukumba A. M. Sukri Sappewali atas nama Pemda menyampaikan selamat datang kepada jamaah haji Kabupaten Bulukumba yang diharapkan dapat menjadi teladan setelah kembali di tengah masyarakat dan juga menyampaikan selamat memasuki tahun 1441 H kepada masyarakat Bulukumba.

“Diharapkan menjadi momentum mawas diri dan Muhasabah untuk menjadi insan yang lebih baik,” ujarnya.

“Pergantian tahun merupakan suatu proses alamiah sehingga patut untuk dijadikan momentum mengais pahala dan memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik dengan cara meningkatkan intensitas mendekatkan diri  melalui  zikir dan ibadah kepada Allah SWT,” lanjutnya.

Bupati mengingatkan bahwa  di tahun ini masyarakat akan dihadapkan dengan dinamika politik sehingga dirinya meminta agar masyarakat tetap mengedepankan silaturahmi, melestarikan budaya  Sipakatau dan Sipakainge serta menjauhi fitnah, hate speech dan hoax untuk mewujudkan demokrasi yang sehat di Bulukumba.

Bupati juga mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan yang diakibatkan musim panas khususnya bencana kebakaran yang dapat mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Setelah pelaksanaan zikir yang dipandu tim zikir Al- Ikhlas binaan Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba, Ustad Mukhsin Ramlan yang dalam tauziyahnya menyampaikan defenisi mabrur adalah perubahan sikap dan akhlak yang lebih baik pasca melaksanakan ibadah haji.

“Mabrur itu setelah melaksanakan haji, malu memperlihatkan auratnya, lebih rajin berjamaah di masjid” terangnya.

Ditambahkannya, subtansi Muhamarram sebagai awal tahun adalah perubahan waktu sehingga dalam perubahan tersebut diisi sikap tidak berharap kepada makhluk karena dapat mengakibatkan kekecewaan tetapi meningkatkan sikap penuh harap kepada Allah SWT sebagai penjawab segala keresahan.

Dirinya meminta jamaah zikir dan tauziyah tidak membiarkan waktu berlalu begitu saja dengan cara mengisinya dengan berbagai amal saleh yang dilandasi niat yang tulus serta ikhtiar yang baik dan juga meminta jamaah untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Pemkab Gowa Peringati Harhubnas, Begini Harapan Muchlis

Terkini.id,Gowa - Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis mengatakan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) harus dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali kinerja-kinerja yang telah dilakukan.
Gowa

Ini Cara Pemkab Gowa Cegah Masalah Hukum Perdata

Terkini.id,Gowa - Sebagai bentuk pendampingan atas semua program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, pihaknya menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa untuk melakukan penandatanganan dua nota kesepakatan