Makassar Terkini
Masuk

Pengamat Ini Bilang Arab Saudi Bisa Ganti Libur Akhir Pekan dari Jumat-Sabtu ke Sabtu-Minggu

Terkini.id, Jakarta – Pengamat ini bilang Arab Saudi bisa ganti libur akhir Pekan dari Jumat-Sabtu ke Sabtu-Minggu. Terkait statement pengamat mengungkapkan Arab Saudi bisa menyusul Uni Emirat Arab (UEA) untuk mengubah libur akhir pekan negara itu dari Jumat-Sabtu menjadi Sabtu-Minggu, ditanggapi Profesor Kajian Timur Tengah dari Universitas Indonesia Yon Machmudi.

Yon menilai kemungkinan itu terbuka lebar. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan program pemerintah Arab Saudi yang sesuai visi 2030.

“Bagaimana Arab Saudi tidak lagi secara ekonomi bergantung dengan minyak, tetapi melakukan semacam diversifikasi di sektor lain, termasuk juga mengundang banyak investor ke dalam Saudi dan membuka tempat-tempat wisata baru,” beber Yon di Jakarta, Rabu 8 Desember 2021.

Selain itu, Yon menyampaikan melaksanakan perubahan sumber ekonomi tadi, hari kerja internasional akan menjadi salah satu aspek yang diperhatikan.

Oleh karena itu, ia menilai Arab Saudi harus mau menyesuaikan diri dengan dunia luar mengingat sasaran investasi dan pelaku wisata tidak hanya berasal dari Timur Tengah, namun juga negara Eropa dan Amerika Serikat (AS)

Penyesuaian terhadap hari libur itu menurut saya, berpotensi untuk disamakan karena nanti ketika banyak negara berinteraksi dengan Saudi, yang itu berbeda hari liburnya, itu tentu akan menjadi kendala,” beber Yon, seperti dilansir dari CNNIndonesia, Rabu 8 Desember 2021.

Adapun potensi kendala lantaran perbedaan hari libur tadi dapat, menurutnya, diselesaikan dengan mengubah hari libur menjadi secara internasional, yaitu pada Sabtu-Minggu.

Yon menilai, tidak hanya Arab Saudi, negara Timur Tengah lain pun mencoba terbuka dengan negara Barat sehingga dapat berjalan ke arah yang sama dengan langkah Uni Emirat Arab (UEA).

Sebelumnya, Uni Emirat Arab mengumumkan akan , mereka dari yang tadinya Jumat-Sabtu, menjadi Sabtu-Minggu. Perubahan ini dilakukan untuk mengikuti jadwal aktivitas masyarakat internasional.

Sebagaimana dilansir dari AP, penerapan kebijakan yang baru tersebut mulai berlaku per Januari 2022. Kebijakan ini membuat Uni Emirat Arab bakal menjadi segelintir dari negara-negara di Timur Tengah yang memiliki libur akhir pekan pada Sabtu-Minggu.

Diketahui, sebelumnya ada Lebanon dan Turki yang menerapkan hari-hari kerja dari Senin hingga Jumat. Kendati demikian, tetangga Uni Emirat Arab seperti Arab Saudi, Bahrain, dan Qatar masih menerapkan libur akhir pekan pada Jumat-Sabtu.