Jembatan Dusun Kassi Pute Lolisang Kajang Roboh, Ternyata Ini Penyebabnya

Jembatan yang terletak di Dusun Kassi Pute Desa Lolisang adalah merupakan jembatan yang berada pada Ruas Jalan Poros Sonra–Raowwa yang menghubungkan antara Desa Lolisang dengan Desa Pantama Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bulukumba Rudy Ramlan meninjau langsung jembatan yang terletak di Dusun Kassi Pute Desa Lolisang Kecamatan Kajang, Bulukumba/ ist

Terkini.id, Bulukumba – Jembatan yang terletak di Dusun Kassi Pute Desa Lolisang adalah merupakan jembatan yang berada pada ruas Jalan Poros Sonra–Raowwa yang menghubungkan antara Desa Lolisang dengan Desa Pantama Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba dikabarkan ambruk.

Penyebab robohnya jembatan tersebut adanya kerusakan pondasi jembatan disebabkan terjadinya pengikisan oleh air sungai yang sudah berlangsung lama.

“Kami telah melihat langsung jembatan tersebut. Menurut masyarakat sekitar jembatan ini telah berusia kurang lebih 40 tahun, dan semalam roboh yang diakibatkan oleh robohnya dua sisi pondasi jembatan,” ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bulukumba Rudy Ramlan.

Ditambah lagi seringnya kendaraan alat berat yang sering melintasi jembatan tersebut yang akhirnya semakin menambah kerusakan jembatan semakin parah.

“Dengan kondisi tersebut, saya sampaikan kepada Kepala Desa Lolisang Kecamatan Kajang dan masyarakat setempat untuk membuat portal pada kedua sisi jembatan tersebut,” ujarnya.

Baca juga:

“Tidak boleh lagi ada kendaraan roda 4. Cuma roda dua yang bisa melintas pada jembatan tersebut. Itupun harus hati-hati untuk kebaikan kita semua. Jangan ada yang coba-coba memaksakan diri untuk melintas kalau tidak ingin celaka,” tegas Rudy.

Kabar robohnya jembatan tersebut diketahui Rudy setelah mendapat informasi melalui WhatsApp dari Kepala Desa Lolisang Kecamatan Kajang, Muh. Amir tentang adanya jembatan yang roboh di wilayah kerjanya pada Senin, 27 April 2020 dini hari.

“Setelah memperoleh informasi insiden tersebut, saya beserta jajarannya langsung melakukan peninjauan ke lokasi jembatan yang dimaksud,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa jembatan yang roboh ini merupakan jalan alternatif yang dilewati oleh masyarakat Kabupaten Sinjai dan Kabupaten lainnya yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Bulukumba khususnya yang akan berwisata di Kawasan Bira dan sekitarnya.

“Kami telah melihat langsung jembatan tersebut,” ujarnya kepada terkini.id, Selasa 28 April 2020 dinihari.

Rudy juga mengaku telah melaporkan kejadian tersebut ke Bupati dan berkoordinasi dengan Ketua Komisi C DPRD bapak Udin Hamzah yang juga merupakan putra Kajang.

“Saya laporkan kondisi jalan tersebut untuk mendapatkan perhatian serius sehingga jembatan itu dapat kita benahi karena ini merupakan jalan alternatif menuju obyek wisata yang ada di Kabupaten Bulukumba,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Dinas Perikanan Bulukumba Suplai Ikan Segar untuk Warga Baturapa

Wakil Bupati TSY Temui Warga Serahkan BLT

Tangkal Corona, Bank Mandiri Serahkan Bilik Semprot Antiseptik ke Pemkab Bulukumba

Bupati Bulukumba Laporkan Hasil Pantau Klaster Ijtima Ulama Gowa, Bahan Pokok Aman 3 Bulan Kedepan

Masyarakat Bulukumba Terdampak Covid-19 Mulai Terima Bantuan Pemda

Lampaui Target, TP PKK Bulukumba Salurkan 15 Ribu Donasi Marker

Cegah Corona, Gladi Pelantikan Kepala Desa Terpilih Dilakukan Secara Online

Arum Spink Kerahkan Relawan Bagi Ribuan Masker dan Hand Sanitizer

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar