Makassar Terkini
Masuk

Jika Dilakukan Dosa Besar? Berikut 4 Hal yang Bisa Membuat Menantu Durhaka pada Mertua Menurut Ustaz Khalid Basalamah

Terkini.id, Jakarta – Dalam salah satu ceramahnya, Ustaz Khalid Basalamah menyampaikan empat hal yang dapat membuat seorang menantu perempuan durhaka kepada mertua.

Katanya, jikalau sampai dilakukan, maka bisa saja menjadi dosa besar bagi sang menantu bersangkutan.

Padahal, sejatinya orang menjalani rumah tangga karena ingin mendapatkan berkah dan ridho dari Allah SWT.

Lantas, perlakuan seperti apa saja yang dimaksud oleh Ustaz Khalid Basalamah tersebut?

Berikut terkini.id telah merangkumnya, sebagaimana dilansir dari kanal YouTube Abang Mau Hijrah via Bangka Pos pada Kamis, 31 Maret 2022:

1. Suami Berbakti pada Orang Tuanya, Istri Cemberut

Kata Ustaz Khalid Basalamah, dalam hukum Islam, seorang anak laki-laki atau suami wajib berbakti kepada orang tuanya sampai meninggal.

Hukum syar’i tersebut tidak bisa dirubah karena itu hukum Allah yang sama sekali tidak bisa dirubah.

“Tidak boleh istri menjadi penghalang misalkan suaminya ingin bertemu dengan ibunya,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Ketika suami berbakti mengantarkan makanan kepada ibunya, ziarah kubur kalau orang tua nya meninggal, istri tidak boleh menghalanginya.

“Banyak seorang istri membangkang dalam hal ini, sehingga suaminya ikut membangkang juga kepada orang tuanya,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

2. Menantu Tidak Beradab kepada Mertuanya

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan kalau ada seorang anak laki-laki menikah, kemudian membiarkan ibunya duduk di belakang istrinya, maka istri tersebut termasuk durhaka, kecuali ibunya yang meminta untuk duduk di belakang isteri tersebut, maka itu tidak termasuk dosa.

“Adab juga penting di sini, dan seorang istri yang jelek adabnya terhadap mertuanya, halal untuk dicerai.”

3. Menantu Jadi Pemutus Hubungan antara Anak dengan Orang Tua

Sikap menantu perempuan yang termasuk dosa besar dan halal untuk dicerai adalah menantu yang menjadi penyebab putusnya hubungan anak dengan orang tua.

Seorang menantu yang menjadi penyebab anak laki-laki putus hubungan dengan orang-tuanya, kata Ustaz Khalid Basalamah Menantu seperti ini halal untuk dicerai.

4. Tidak Minta Maaf kepada Mertua

Kata Ustaz Khalid Basalamah, meskipun mertua cerewet, senang mencampuri urusan rumah tangga, dan sebagainya, tetapi sebagai hamba, seorang menantu dan suaminya tetap berkewajiban berbakti kepada orang tua atau mertuanya karena itu adalah perintah mutlak Allah SWT.

“Dan bersabar adalah pilihan terbaik. Karena patokan benar salah itu di mata Allah SWT bukan di mata manusia,” beber Ustaz Khalid Basalamah.

Maka dari itu sebaiknya para istri memahami beberapa hal ini. Lalu disarankan tidak melakukan seperti ini agar tidak menjadi dosa besar karena telah durhaka pada mertua.