JK dan Gubernur Nurdin Abdullah Sambut Mahasiswa Baru ITB Kalla

Mantan Wapres RI Jusuf Kalla (JK) menyambut mahasiswa baru ITB Kalla

Terkini.id, Makassar – Institut Teknologi dan Bisnis Kalla (ITB Kalla) menggelar upacara Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) untuk Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 pada Kamis, 1 Oktober 2020.

Proses pembukaan dipusatkan di Atrium Nipah Mall,Makassar dihadiri oleh Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla Fatimah Kalla, Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof. Jasruddin, M,Si. dan Sivitas Akademika Institut Teknologi dan Bisnis Kalla.

Secara virtual melalui aplikasi Zoom meeting turut bergabung Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Prof. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. bersama Pendiri Sekaligus Penasehat Kalla Group Dr. (HC). H. M. Jusuf Kalla.

Sebanyak 41 mahasiswa dari setiap program studi turut hadir didampingi oleh orang tua/wali masing-masing.

Penyambutan secara resmi mahasiswa baru ini diawali dengan laporan Rektor ITB Kalla, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, serta penyampaian orasi ilmiah oleh Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, H.M.Jusuf Kalla.

Menarik untuk Anda:

Rektor ITB Kalla, Syamril, ST.,M.Pd dalam laporannya menjelaskan pencapaian kampus yang didirikan pada 2019 lalu.

“Dalam perjalanan menuju tahun kedua ini, ITB Kalla dapat meraih 12 PTS dengan sitasi terbaik dan jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka, 16 perusahaan lokal dan nasional, kerjasama dengan Google, Oracle dan Bank Syariah Mandiri. Pada tahun Akademik 2020/2021, ITB Kalla menerima 41 mahasiswa baru melalui beberapa jalur yang telah disediakan serta melalui proses seleksi yang ketat,” tuturnya.

Selanjutnya, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Nurdin Abdullah, M.Agr menyampaikan sambutan selamat datang kepada mahasiswa dengan memberikan nasehat akademiknya.

“Kalian harus berproses belajar baik di dalam kampus maupun di luar kampus dengan berorganisasi sehingga dapat menjadi generasi muda yang dapat bersaing. Mahasiswa modern dituntut menjadi social control, agen perubahan di tengah tantangan masa depan yang semakin dinamis,” pesan Nurdin Abdullah melalui sambungan video konferensi Zoom.

Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla, Fatimah Kalla yang didaulat untuk turut menyampaikan sambutannya menekankan perlunya lahir CEO-CEO masa depan yang berkarakter.

“Saat ini menjadi CEO tidaklah mudah, tidak sekedar bisnis namun juga bagaimana kita mampu memberikan dampak ke khalayak. Melalui ITB Kalla ini, teori dan praktik digabungkan. Semoga anak-anakku semua dapat melanjutkan semangat Hadji Kalla, Bapak JK maupun Fatimah Kalla,” ungkap Fatimah Kalla disambut dengan riuh tepuk tangan hadirin.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. (HC). Muh. Jusuf Kalla (JK).

JK menyampaikan motivasi dan harapannya di hadapan mahasiswa dan orang tua mahasiswa baru.

“Dunia usaha kunci suksesnya terdapat pada semangat, bakat, pendidikan dan pengalaman. Melalui pendidikan yang sekaligus bercampur dengan pengalaman bisnis tentu diharapkan mahasiswa itu dapat dilihat dunia bisnis berjalan seperti apa, siapa pemain bisnis yang maju dan yang mundur dan dari sanalah mereka belajar. Terakhir adalah nasib baik yang dicapai melalui doa,” ungkap JK.

“Jika anda hanya punya semangat dan doa, itu tidak cukup. Perkaya pengalaman dan belajar lebih giat,” tegasnya.

Rangkaian Kegiatan PMB dijadwalkan akan berlangsung hingga Jumat dengan agenda penerimaan materi terkait leadership, personal development dan pengenalan dunia kampus.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Anhar J.Malik menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap sivitas akademika, mahasiswa dan para orang tua yang telah hadir meski dengan segala keterbatasan karena diselenggarakan di tengah pandemik.

“ITB Kalla tahun ini menyelenggarakan prosesi penyambutan yang sederhana dengan memadukan konsep offline-online, hal ini membuktikan bahwa kampus ini layak dan siap menjalankan proses akademik dan kemahasiswaan yang tetap sejalan dengan protokol Covid,” ungkap Anhar.

“Di samping itu, prosesi ini menghadirkan para pembicara yang juga tersebar di beberapa tempat. Pak JK di Jakarta, Prof. Nurdin yang berada di Tana Toraja serta di hari kedua akan diisi oleh pembicara yang saat ini sementara di luar negeri. Dengan fasilitas yang kami miliki, ini menguatkan optimisme bahwa kita bisa melakukan inovasi yang lebih baik dengan perpaduan teknologi informasi,” imbuhnya.

Usai upacara penerimaan secara resmi, dilanjutkan dengan foto bersama. Rangkaian Kegiatan PMB dijadwalkan akan berlangsung hingga Jumat mendatang dengan agenda penerimaan materi terkait leadership, personal development dan pengenalan dunia kampus.

Citizen Reporter : Andi Tenripada

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Himatep FIP UNM

Perayaan Semarak Bulan Bahasa, Himaprodi PBSI UNM Bagi Masker dan Gelar Seminar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar