JKOC Sukses Jajal Toraja, Teruji Lalui Ratusan Kilometer dengan Suguhan Sejumlah Kegiatan Berikut Ini

Terkini.id, Makassar – Komunitas Jeep JK Owners Celebes sukses menggelar sejumlah rangkaian acara dalam rangka pelaksanaan hari Ulang Tahun yang ke-8 yang jatuh pada 18 Desember 2021.

Peringatan hari jadi Komunitas Jeep JK Owners Celebes yang ke-8 ini juga dikemas khusus dengan pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) yang ke-2.

Ketua Panitia HUT ke-8 JKOC yang juga merupakan Sekjen JKOC, Randy Juniardi mengatakan sejumlah rangkaian kegiatan sukses digelar dalam pelaksanaan HUT JKOC ke-8 sekaligus Mubes ke-2 JKOC.

Komunitas Jeep Owner Celebes saat touring ke Toraja

Baca Juga: JKOC Bakal Gelar Touring ke Mandalika-Bali-Bromo Selama Sepekan

“Ada beberapa rangkaian agenda mulai dari pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes), Pemilihan dan Pengukuan Ketua JKOC, perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-8 JKOC, jelajah wisata, JKOC Award, hingga bakti sosial,” bebernya.

Penasehat JKOC, Yudi Prabowo kepada terkini.id menyampaikan rangkaian kegiatan yang pihaknya sukses lalui mulai dari kota Makassar hingga di Toraja.

“Setelah menempuh 314 km dari Makassar ke Toraja, JKOC membagi laporan status sementara (belum finish) dari lokasi pelaksanaan JKOC On Tour Des 2021,”ujarnya.

JKOC on Tour 2021

1. Trafik jalan dan konvoi JEEP

Kondisi rute perjalanan, 100 persen on road, trafik lancar namun pada beberapa kecamatan yang dilalui terjadi sejumlah kepadatan lalu lintas namun dengan mudah dapat terurai dengan baik. 

“Kondisi ini sudah diantisipasi oleh tim JKOC yang berperan khusus dalam melakukan pengawalan yakni Commander, Marshal dan Sweaper yang dilengkapi dengan radio komunikasi yang mumpuni,”terang Yudi. 

JKOC on Tour 2011

Ia menyebut, formasi konvoi diatur tertib dengan mempertimbangkan faktor kepadatan jalan, kecepatan kendaraan hingga faktor kondisi jalan khususnya di masa penghujan saat ini. 

“Hasilnya, seluruh kendaran peserta mencapai finish dengan lancar, terbit dan sesuai target waktu yang direncanakan tanpa menguasai atau menggeser hak pengguna jalan lainnya,”terang dia.

2. PA’GELLU & GALA DINNER

Di hari pertama kedatangan di Toraja pada 17 Desember 2021, seluruh peserta tiba di destinasi yakni Toraja Misiliana Hotel. 

Rombongan langsung disambut tari Pa’gellu, tarian selamat datang tradisional Toraja. Di sini, semua peserta tour JKOC terpesona menyaksikan liuk gerak tari yang ditampilkan, alhasil, satu demi satu peserta tour memberikan tip kepada penari sebagai apresiasi. 

“Di akhir sesi tari, para penari mengantar seluruh rombongan memasuki restoran yang telah menyajikan makanan tradisional khas yang disajikan khusus untuk member JKOC,”jelasnya lagi.

3. Musyawarah Besar dan Pemilihan Ketua 

Setelah makan malam, prosesi musyawarah besar (MUBES) JKOC ke-2 digelar tampak hadir Amzar Karim sebagai Pimpinan, Syahruddin Nawawi sebagai Wakil Pimpinan 1 dan Yudi Prabowo Soeharto sebagai Wakil Pimpinan 2.

Seluruh member melakukan regitrasi dan diberikan identitas khusus lalu memasuki ruang mubes. 

Dua agenda utama mubes yakni revisi dan pembaharuan AD-ART versi 2013 dan pemilihan Ketua JKOC periode 2021-2024 secara aklamasi.

Mubes JKOC

Hasilnya, Edward Putra Halim akrab di sapa Om Edo Kembali terpilih menjadi Ketua untuk memimpin JKOC hingga 2024 mendatang. 

Mubes yang unik untuk sebuah organisasi otomotif karena digelar hingga malam pergantian hari / dini hari. 

Di akhir sesi, palu sidang pun diketuk oleh Pimpinan Mubes yakni Amzar Karim menutup seluruh rangkaian Mubes ke-2 JKOC malam itu.

4. Pengukuhan Ketua Terpilih 

Selepas pemilihan langsung dilakukan 
prosesi pengukuhan Ketua JKOC terpilih periode 2021-2024 digelar. 

Adapun pembacaan sumpah jabatan Ketua JKOC yang dipimpin langsung oleh Ketua IOF Pengda Sulsel, Ady Rasyid Alis, SE yang turut menyaksikan pelantikan tersebut adalah dewan Penasehat dan Pembina JKOC, Hermanto Amal, Syahruddin Nawawi dan Amzar Karim.

JKOC on Tour 2021

“Proses pelantikan berlangsung hikmat sedikit tegang, karena skenario pelantikan digelar layaknya seorang pejabat tinggi negara dilantik oleh kepala negara,”ujarnya.

“Untuk sebuah organisasi otomotif, konsep pelantikan seperti ini dinilai cukup unik,”sambung Yudi.

Ia juga menyebut hikmatnya pelantikan disempurnakan dengan kehadiran Bupati Kabupaten Toraja Utara, Yohanis Bassang, S.E., M.Si. bersama Wakapolres Toraja Utara, Kasatlantas Polres Toraja Utara, Dewan Penasehat IOF Pengda Sulsel,  Irmawati Zainuddin hingga Owner Toraja Misiliana Hotel, Ela. 

Penampakan wisata Kete Kesu dipenuhi sejumlah unit Mobil Jeep

Respon Bupati Toraja Utara selama proses pengukuhan berlangsung membuat suasana berubah di luar skenario (rundown) acara, pasalnya, topik sambutan yang disampaikan beliau dalam sambutannya penuh dengan cerita lucu, alhasil seluruh audience dalam ruang acara tertawa kocak. 

“Di akhir prosesi pengukuhan, Pak Bupati pun tidak berdaya dibuat oleh seluruh member JKOC karena harus melayani permintaan foto selfie bergantian,”bebernya.

5. JKOC Award dan Baksos 

Sebagai agenda terpenting selain family tour, dalam sesi acara pengukuhan Ketua terpilih, ada 6 JKOC Award diberikan kepada penerima terpilih dari berbagai profesi dan kelompok usaha pariwisata.

JKOC

Mereka masing-masing, Craftsman atau produsen kerajinan dari kelompok UMKM di Toraja Utara yakni ada 3 perwakilan
seniman (penari) tradisional di Toraja Utara (1 perwakilan) Tour Guide dan Dokumenter di Toraja Utara.

Kemudia 1 perwakilan Pengusaha bisnis pariwisata yakni Toraja Misiliana Hotel dan satu perwakilanJKOC Award bidang pariwisata diberikan sebagai upaya positif yang dibangun oleh JKOC untuk membangkitkan semangat berkarya para pelaku jasa wisata khususnya di Toraja Utara agar terus berkarya di tengah kondisi re-covery ekonomi akibat dampak covid-19. 

“Harapannya agar para pelaku jasa wisata tetap optimis menyikapi kondisi yang sudah semakin membaik,”imbuhnya.

Selain dari kelompok pariwisata, JKOC Award juga diberikan kepada otoritas dan pemerintah yakni untuk Bupati Toraja Utara, Polres Toraja Utara.

Ini sebagai bagian dari program kerja organisiasi, JKOC bekerjasama dengan Polres Toraja Utara melakukan berbagai langkah percepatan vaksinasi Covid-19 di Toraja Utara dengan memberikan bantuan donasi berupa 200 paket sembako kepada masyarakat yang melakukan vaksin Covid-19. Donasi diterima langsung oleh Wakapolres Toraja Utara.

6. Selebrasi 8 tahun JKOC

Sebagai momen puncak, perayaan 8 tahun JKOC digelar apik dengan menampilkan para pekerja seni khususnya seniman tari tradisional. 

Penari tampil mengiringi proses pemotongan tumpeng. Sedikitnya ada 101 member JKOC di luar crew tour pendukung larut dalam prosesi tumpengan. 

7. Spot Destinasi JKOC On Tour 
Sesuai program yang telah direncanakan, JKOC On Tour tidak hanya memuaskan kunjungan pada beberapa destinasi terbaik Toraja Utara yakni Londa, Ke’te Kesu, Traditional Market hingga Tongkonan Lempe di Lolai. 

Selain destinasi objek wisata, peserta tour juga sangat menikmati beberapa kuliner tradisional salah satunya Deppa Tori’ dan Ikan Mas bakar dan goreng. 

“Semuanya enaak…!!” kata Bidadari JKOC sebuah sebutan untuk istri member JKOC,”tutupnya.

Bagikan