Kabar Gembira, Perumda Air Minum Makassar Gratiskan Pelanggan Kategori R1 dan R2

Terkini.id, Makassar — Kepala Bagian Humas Perumda Air Minum Kota Makassar Muh Rusli mengatakan pihaknya telah menggratiskan layanan air kepada pelanggan golongan tarif R1 dan R2 di tengah pandemi Covid-19.

Keputusan tersebut, kata dia, berdasarkan keputusan bersama dari seluruh direksi setelah ada desakan dari Penjabat Wali Kota Makassar.

“Kemarin badan pengawas dan direksi memanggil semua pejabat di semua jajaran Perumda Air Minum untuk sama-sama mengambil kesimpulan,” kata Rusli, Rabu, 15 April 2020.

Baca Juga: Tanggulangi Krisis Ketersediaan Stok, Pegawai PDAM Makassar Ikut Donor Darah

Rusli menerangkan, berdasarkan hasil rapat dengan jajaran, pihaknya memberikan gratis kepada pelanggan golongan tarif R1 dan R2. Namun, pemakaian tersebut dibatasi hingga 30 ribu liter untuk satu bulan.

“Kami sudah mengkaji, pemakaian mereka itu itu selama ini 20 sampai 25 ribu liter. Mengapa dibatasi, karena bisa saja warga membuang-buang air karena tahu itu gratis,” katanya.

Baca Juga: Warga BTP Keluhkan Suplai Air Macet, PDAM Makassar: Sering Terjadi...

Pihaknya juga mengungkapkan alasan memilih pelanggan dari golongan R1 dan R2. Menurutnya Rusli, pelanggan tersebut yang paling merasakan dampak Covid-19.

“Mengapa kita pilih R1 dan R2 karena di golongan itu paling terdampak Covid-19 di Kota Makassar dan rata-rata mereka berpenghasilan rendah,” katanya.

R1 dan R2 merupakan istilah untuk merujuk pada rumah yang hanya digunakan untuk tempat tinggal dan tanpa ada kegiatan usaha.

Bagikan