Kadispora Terima Visitasi Monev Pemeringkatan KIP OPD Sulsel

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Pemuda Maju

Terkini.id, Makassar-Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Arwin Azis, S.STP menerima Tim Visitasi Monev Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sulsel, untuk melakukan verifikasi faktual terkait penerapan keterbukaan informasi publik pada PPID Pembantu Dispora Sulsel. Kamis 12 November 2020 di Ruang Rapat Kantor Dispora Sulsel, GOR Sudiang Makassar.

Visitasi dilakukan, lantaran Dispora Sulsel masuk sepuluh besar pemeringkatan terbaik organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sulsel yang menerapkan pemberlakuan UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Sebelum visitasi faktual ini, Dispora Sulsel melalui dua proses yaitu mengirim Self Assesment Questionnaire (SAQ) Monev KIP ke Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulsel.

Selanjutnya mengikuti presentasi sebagai kelanjutan proses verifikasi SAQ, yang dipresentasikan Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis, dihadapan tiga anggota tim penilai KI Sulsel, di Ruang Command Center, Gedung A, lantai IV Kantor Gubernur Prov. Sulsel, Senin 12 Oktober 2020 pagi.

Tim Visitasi Monev yang hadir terdiri dari Ketua Tim Penilai Visitasi Fauziah Erwin, yang juga anggota KI Sulsel, bersama anggota KI lainnya, Dr. Khaerul, SH, MH. Serta panitera KI, Ima Halik dan Weni Sawitri.

Menarik untuk Anda:

Sementara dari Dispora Sulsel, mendampingi Kadispora antara lain Kasubag UKH, Dra. Irhawati, M.Si, Kasi Infrastrukur dan Kemitraan Olahraga Herbudhie Ristanto, SS dan pengelola PPID Pembantu Dispora Sulsel, Muh Jabal Nur, SP

Fauziah Erwin mengatakan, visitasi merupakan tahap akhir penilaian untuk menghasilkan Badan Publik terbaik pada setiap kategori. Visitasi dilakukan sebagai bentuk verifikasi faktual untuk mengukur 5 KO (Komitmen, Koordinasi, Komunikasi, Kolaborasi, Konsistensi) Keterbukaan Informasi Publik dengan cara mengunjungi langsung Badan Publik yang masuk dalam tahap 10 Besar.

“Ini tindak lanjut verifikasi faktual melalui kunjungan lapangan ke Dispora Sulsel oleh KI Sulsel untuk pengecekan langsung sejauh mana penerapan keterbukaan informasi publik di PPID Dispora Sulsel,” ujar Fauziah Erwin .

Sementara itu Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan ingin mempertahankan prestasi PPID Pembantu Dispora Sulsel sebagai peringkat II terbaik yang diraih tahun 2019.

“Kami sudah membenahi semua kekurangan-kekurangan yang ada pada tahun lalu di PPID Pembantu Dispora Sulsel. Tahun lalu kami dapat peringkat kedua terbaik. Semoga di tahun 2020 ini, prestasi tersebut bisa kami pertahankan, atau bisa lebih baik lagi,” tutur Andi Arwin Aziz.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kader HMI Harun Rasyid Kecam Pernyataan DP

Peringati Hari Juang Kartika, Satgas Yonarmed 9 Kostrad Bersama Kodim Tobelo Laksanakan Donor Darah

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar