Kegiatan Pembinaan Generasi Pemuda Dispora Sulsel. Berkonsep Cafe Dialogue

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar-Kegiatan Pembinaan Generasi Pemuda yang digelar Dispora Sulsel. Minggu, 27 Oktober 2019 di Aula Gedung Mulo Jalan Jend. Sudirman No. 23 Makassar.

Kegiatan yang mengusung tema “Peran Pemuda Dalam Menyelamatkan Bumi” di hari kedua berkonsep Forum Discussion Group, lebih pas disebut Cafe dialogue.

Tujuan kegiatan ini untuk mendiskusikan tentang inovasi dan peran generasi muda dalam upaya menyelamatkan bumi serta berkomitmen dan melakukan aksi nyata yang akan dilakukan setelah diskusi.

Konsep Cafe dialogue menekankan terhadap pentingnya kontribusi ide dari setiap peserta dan kemampuan “listening” untuk mendengarkan ide dan pendapat orang lain dari berbagai persfektif tanpa judgmental.

Setiap orang mempunya mental model, value dan persfektif yang terbentuk dari apa yang mereka lihat dan alami dalam hidupnya. Namun kita lebih mudah bereaksi ketika mendengar suara yang “berbeda”.

Menarik untuk Anda:

Cafe dialogue menekankan pentingnya setiap orang terlibat dan tidak menjudge pilihan-pilihan dan “how people see the world”.

Setelah diskusi diharapkan para peserta yang hadir dengan persepsi masing-masing dapat memberi ruang untuk “mendengar ” orang lain dan menerima suara selain suara diri sendiri.

Aturan mainnya, Peserta dibagi menjadi 5 kelompok kecil dengan posisi melingkar. Putaran pertama, disetiap kelompok akan ada 1 narasumber (host) yang membahas topik tertentu sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Host akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait bagaimana pemuda melihat kerusakan lingkungan dan apa upaya yang telah dilakukan dalam upaya menyelamatkan bumi

Host akan memaparkan ide dan inovasi yang telah dilakukan dalam menjaga ekosistem.

Host akan menggali pemahaman generasi muda mengenai lingkungan dan mendorong tiap peserta untuk mengeluarkan ide dan membuat inovasi untuk lingkungan.

Putaran kedua, host tetap berada di tempat yang sama namun peserta bergeser ke meja berikutnya.

Diskusi dilanjutkan sampai putaran terakhir.

Diakhir diskusi tiap kelompuk sudah harus menetapkan atau membuat konsep inovasi dan gerakan apa yang akan dilakukan di sekolah/komunitas masing-masing untuk menjaga lingkungan.

Sudah terlalu banyak diskusi dan seminar yang membahas tentang solusi atas permasalahan yang ada. Memperdebatkan banyak hal dan mencari solusi terbaik.

Namun, ketika diskusi selesai, tiap orang pulang melanjutkan hidup masing-masing. Ide dan solusi yang menggebu-gebu saat diskusi pada akhirnya menguap..terbang bersama harapan-harapan akan lahirnya sebuah perubahan dalam masyarakat.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Semangat Membara, Satgas TMMD-108 Tak Kenal Libur Mengabdi Untuk Rakyat

Ketupat Sayur Mas Dwi Memang Mantab, Penasaran?

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar