Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Mojokerto Menewaskan 14 Penumpang

Terkini.Id, JakartaKecelakaan bus pariwisata yang menabrak tiang Variable Message Sign (VMS) di KM 712.400A Tol Surabaya-Mojokerto PO Ardiansyah S 7322 UW menewaskan 14 penumpang, Senin 16 Mei 2022.

Pada saat kejadian, bus pariwisata memuat 33 penumpang. Terdiri atas 1 sopir utama, 1 cadangan, dan 31 penumpang.

14 penumpang dikabarkan meninggal. Jasad korban telah dibawa ke rumah duka di daerah Benowo, Pakal, Surabaya. Sisanya 1 sopir bus dan 18 penumpang lainnya dikabarkan ada yang mengalami luka ringan maupun berat dan saat ini masih mendapat perawatan dari berbagai rumah sakit, dikutip dari detikjatim.

Baca Juga: Kabar Gembira, Pemkab Sediakan Bus Wisata Gratis Bulukumba-Bira, Ini Jadwalnya

Awal terjadi kecelakaan, saat bus PO Ardiansyah mengantar penumpangnya pulang setelah berlibur dari Dieng, Wonosobo, Jateng. Semua penumpang berdomisi Benowo Krajan, Benowo, Surabaya.

Bus saat itu dikemudikan oleh Ade Firmansyah (29). Pria yang berasal dari Kelurahan Sememi, Benowo, Surabaya itu diduga mengemudikan bus dengan kecepatan di atas 100 km/jam.

Baca Juga: TGTPP Covid-19 Periksa 95 Penumpang KM Queen Soya, Hasil Rapid...

Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota AKP Heru Sudjio memperkirakan kecepatan bus lebih dari 100 km/jam.

“Tiang yang begitu kuatnya sampai roboh seperti itu, bisa kita lihat dan mungkin bisa kami pastikan bahwa kecepatan yang bersangkutan lebih dari 100 km/jam,” ungkapnya.

Saat bus tiba di KM 712.400A Tol Sumo dari arah Jombang ke Surabaya, seketika bus mendadak menepi akibat sopir mengantuk. AKP Heru Sudjio mengatakan Ade baru menyadari roda kiri bus ke bahu jalan.

Baca Juga: TGTPP Covid-19 Periksa 95 Penumpang KM Queen Soya, Hasil Rapid...

“Sopir baru sadar saat roda kiri ke bahu jalan. Kemudian ke tanah, lalu menabrak batas jalan di sebelah kiri,” ujar Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota kepada reporter saat berada di kantornya Jl. Bhayangkara.

Bagikan