Kejadian Langka, Bayi Laki-laki Ini Lahir Tanpa Alat Kelamin

Bayi Laki-laki
Ilustrasi bayi laki-laki. (Foto: Kumparan)

Terkini.id, Makassar – Belum lama ini kelainan langka dialami seorang bayi laki-laki di Turki. Kondisi bayi tersebut diketahui terlahir tanpa alat kelamin alias penis.

Dalam dunia medis, kejadian yang menimpa bayi tersebut disebut agenesis penis dan sangat jarang terjadi pada bayi atau hanya 80 kasus yang pernah dilaporkan di seluruh dunia.

Dilansir dari situs Asia One, Sabtu, 19 Oktober 2019, tim dokter di rumah sakit Universitas Erkaban mengatakan testis bayi laki-laki itu turun. Dia tidak punya masalah lain selain tak punya penis.

Hasil tes medis menunjukkan bahwa bayi ini memiliki fistula vesikorektal, yakni koneksi abnormal antara kandung kemih dan duburnya.

Kondisi itu yang sering menyebabkan urine pasien mengandung kotoran. Tetapi, dokter tidak mengungkapkan bayi baru lahir itu mengalami gejala serupa atau tidak.

Selain itu, bayi baru lahir ini juga memiliki kondisi lain yang menyebabkan urine menumpuk di dalam dirinya. Penumpukan urine ini diperkirakan berada di luar kandung kemih dan uretra.

“Ini adalah laporan pertama bayi dengan kombinasi agenesis penis, refluks vesikoureteral dan fistula vesikorektal,” jelas dokter dalam sebuah laporan.

Dalam kasus tersebut, biasanya tim dokter akan merekomendasikan agar bayi dengan kondisi ini dibuat menjadi jenis kelamin perempuan untuk anomali.

Namun, rekomendasi tersebut ditentang oleh pihak keluarga bayi. Detail tentang keluarga bayi dan proses masa kehamilan bayi ini tidak dipublikasi.

Komentar

Rekomendasi

Posting Isu Hoax Penculikan Anak, 6 Warga Kupang Ditangkap Polisi

Masih Ingat Ingsih Tinampi? Kini Dia Meminta Maaf ke Publik

Haerul, Pencipta Pesawat Asal Pinrang Diundang Wagub Sulsel ke Rujab

Ritual Mistis Pengikut Keraton Agung Sejagat: Potong Puluhan Ayam, Darahnya Dikubur

Lima Tahun Jokowi, Ini Aneka Subsidi Energi yang Dicabut

Tak Terpengaruh Dampak Natuna, Rupiah-Yuan Tetap Perkasa

Antisipasi Air Pasang, Bupati Bulukumba Perintahkan Jajarannya Kerja Bakti

Dewi Tanjung Polisikan Massa Pendukung Anies yang Demo di Balai Kota

Istri Rekam Suami Saat Perkosa Anak Angkat, Video Disebar ke Media Sosial

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar