Kejadian Langka, Bayi Laki-laki Ini Lahir Tanpa Alat Kelamin

Bayi Laki-laki
Ilustrasi bayi laki-laki. (Foto: Kumparan)

Terkini.id, Makassar – Belum lama ini kelainan langka dialami seorang bayi laki-laki di Turki. Kondisi bayi tersebut diketahui terlahir tanpa alat kelamin alias penis.

Dalam dunia medis, kejadian yang menimpa bayi tersebut disebut agenesis penis dan sangat jarang terjadi pada bayi atau hanya 80 kasus yang pernah dilaporkan di seluruh dunia.

Dilansir dari situs Asia One, Sabtu, 19 Oktober 2019, tim dokter di rumah sakit Universitas Erkaban mengatakan testis bayi laki-laki itu turun. Dia tidak punya masalah lain selain tak punya penis.

Hasil tes medis menunjukkan bahwa bayi ini memiliki fistula vesikorektal, yakni koneksi abnormal antara kandung kemih dan duburnya.

Kondisi itu yang sering menyebabkan urine pasien mengandung kotoran. Tetapi, dokter tidak mengungkapkan bayi baru lahir itu mengalami gejala serupa atau tidak.

Selain itu, bayi baru lahir ini juga memiliki kondisi lain yang menyebabkan urine menumpuk di dalam dirinya. Penumpukan urine ini diperkirakan berada di luar kandung kemih dan uretra.

“Ini adalah laporan pertama bayi dengan kombinasi agenesis penis, refluks vesikoureteral dan fistula vesikorektal,” jelas dokter dalam sebuah laporan.

Dalam kasus tersebut, biasanya tim dokter akan merekomendasikan agar bayi dengan kondisi ini dibuat menjadi jenis kelamin perempuan untuk anomali.

Namun, rekomendasi tersebut ditentang oleh pihak keluarga bayi. Detail tentang keluarga bayi dan proses masa kehamilan bayi ini tidak dipublikasi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini