Kemenkes Beberkan Langkah Pencegahan Penyebaran Virus Corona Masuk ke Indonesia

Ilustrasi virus corona/ ist
Ilustrasi virus corona. Meresahkan dan telah memakan banyak korban, virus baru ini dikenal sebagai “2019-nCoV”, dipahami sebagai jenis baru virus corona yang sebelumnya tidak diidentifikasi pada manusia. / Istimewa

Terkini.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meningkatkan pengawasan untuk mencegah penyebaran virus Corona masuk ke Indonesia.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Anung Sugihantono, M.Kes mengeluarkan beberapa cara untuk pencegahan Novel Coronavirus atau virus corona masuk ke Indonesia.

Berikut langkah Kemenkes untuk antisipasi virus Corona:

1. Melakukan pencegahan di pintu-pintu masuk orang dari luar negeri ke Indonesia seperti sudah menerapkan therma gun untuk pesawat yang masuk, khususnya dari Cina.

2. Kementerian Kesehatan memberlakukan health alert card atau kartu peringatan kesehatan. Kartu ini merupakan mekanisme kontrol untuk orang-orang yang datang ke Indonesia. Fungsinya adalah untuk memperingati apabila selama 14 hari kemudian ada gejala sakit bisa kembali untuk diperiksa dengan kartu tersebut.

Menarik untuk Anda:

3. Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II untuk menyiapkan apron C sebagai tempat parkir pesawat apabila ditemukan ada virus dalam sebuah pesawat. Apron C dipilih karena ini lokasinya cukup jauh.

Selain itu, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok juga sudah menerapkan hal serupa. Pelabuhan menyiapkan tempat berlabuh khusus untuk kapal.

Diketahui Virus Corona yang pertama kali ditemukan di China kini semakin meresahkan warga dunia. Sebab virus tersebut telah menyebar ke 13 negara, termasuk Jepang, Thailand, Malaysia, Australia, Macau, Vietnam, Nepal, hingga Amerika Serikat.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Konsumsi Gula Berlebih, 5 Penyakit Berisiko Ini Bisa Menghampirimu

12 Alasan Ini Ingatkan Kita Harus Rutin Minum Air Putih

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar