Kemenkes: Tak Perlu Takut, Positif Covid-19 Belum Tentu Sakit

Terkini.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan terus mengingatkan pentingnya mengikuti protokol kesehatan. Di sisi lain, masyarakat juga diingatkan tidak perlu terlalu takut jika nantinya positif.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) Abdul Kadir menyebutkan, masyarakat tak usah terlalu takut dengan stigma positif Covid-19.

Sebab, menurut dia, yang dinyatakan positif belum tentu sakit.

“Stigma positif itu memang sebaiknya kita tidak perlu terlalu takut dengan positif karena positif pun belum tentu kita sakit,” kata Abdul dalam sebuah diskusi virtual, Selasa 1 September 2020 dikutip dari kompascom.

Abdul justru meminta masyarakat menghilangkan stigma positif dan negatif Covid-19 dan menggantinya dengan sakit dan tidak sakit.

Menarik untuk Anda:

Menurut dia, banyak di antara pasien positif tertular virus corona yang tak menunjukkan gejala sakit.

“Artinya, maksud saya jangan sampai yang positif itu nanti merasa bahwa dia ini dalam kondisi yang sakit,” ujar Abdul.

Abdul pun menyebutkan bahwa pemerintah fokus mengobati pasien yang benar-benar sakit.

Sebagaimana bunyi Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Revisi ke-5, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit adalah yang sakitnya sedang sampai berat.

Sementara, mereka yang dinyatakan positif tapi tak bergejala, cukup untuk tinggal di rumah dan isolasi mandiri, serta memperbaiki gizi agar sehat kembali.

Oleh karenanya, lanjut Abdul, saat ini pemerintah tak cemas dengan pelayanan dan tingkat keterisian atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit Covid-19.

“Itulah yang menyebabkan sampai sekarang ini rumah sakit kita sih tenang-tenang saja tidak seperti pada tahap-tahap awal,” ujar Abdul.

“Tahap awal itu semua yang positif masuk rumah sakit, penuh rumah sakit. Maka apa yang terjadi? Tentunya pelayanan kita pada yang sakit tambah berkurang,” tuturnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Viral Guru Minta Siswa Jangan Pilih Ketua OSIS Non Muslim

Beredar Postingan Foto Sebut Jokowi Sanggup Jadi Dokter, Ini Faktanya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar