Masuk

Menparekraf Sandiaga Uno Resmi Buka Perhelatan Akbar Makassar F8

Komentar

Terkini.id, Makassar – Perhelatan akbar Makassar International Eight Festival and Forum 2022 atau Makassar F8 resmi dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Pemerintah pusat, kata dia, sangat mendukung dengan masuknya F8 ke dalam top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) 2022. Ia berharap ke depan F8 mampu masuk top 3 di tingkat nasional. 

“Secara resmi pelaksanaan F8 kami nyatakan dibuka,” ujar Sandiaga Uno di Anjungan Pantai Losari, Rabu, 7 September 2022.

Baca Juga: Resmikan Kopi Chuseyo Makassar, Danny Pomanto Ajak K-Popers Branding Makassar Kota Makan Enak

Sementara, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan F8 digagas lewat 8 jalan kebudayaan. 

F8 adalah festival seni, budaya, dan hiburan yang terdiri dari 8 kegiatan yang dimulai dengan huruf F yaitu food, flower, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art. Tahun ini, F8 sudah ketiga kalinya masuk top 10 KEN.

“Kita mengangkat tema energi recovery, dengan simbol kapal Pinisi dan badik. Ini adalah simbol keberanian menghadapi kesulitan di masa depan. Pinisi adalah simbol pelatut Bugis Makassar akan menembus kesulitan,” ujarnya 

Baca Juga: Resmikan Kopi Chuseyo, Wali Kota Makassar: Ini Tempat Luar Biasa

Sementara Badik, kata Danny, adalah simbol harga diri dan keberanian. Dengan keberanian tantangan apa pun bisa ditembus dan diatasi. 

Sementara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap F8 tidak hanya juara di Sulsel, tapi juga di Indonesia. Ia berharap pada momen pagelaran ini pemerintah lebih memperbanyak kolaborasi.

“Kurangi kompetisi dan perbanyak kolaborasi,” tuturnya.

Terakhir, Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani memberikan apresiasi terhadap pemerintah kota dengan adanya kegiatan F8, setelah sebelumnya 2 tahun tertunda lantaran pandemi Covid-19.

Baca Juga: Danny Pomanto Luncurkan Branding ‘Makassar Kota Makan Enak’ Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi

“Kota Makassar selalu mampu menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

Menurutnya, potensi Kota Makassar begitu besar menjadi daya tarik wisatawan. Pemprov Sulsel, kata dia, berharap F8 menjadi pemicu untuk memajukan daerah. 

“Keberadaan F8 merupakan kontribusi nyata dalam menciptakan sinergitas dengan Pemprov.
Event ini perlu kita dukung dan konsisten masuk top 10 di Indonesia,” paparnya.