Keren! Rayakan HUT RI ke-74, Pemuda Bontonompo Gelar Tari Paddekko Massal

Bontonompo
Rayakan HUT RI ke-74, Pemuda Bontonompo Gelar Tari Paddekko Massal

Terkini.id, Gowa – Pemuda Kecamatan Bontonompo memiliki cara tersendiri merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Menyambut hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, pemuda yang tergabung dalam Sanggar Seni Kambe, Sanggar Tubarania, dan Panrita Art menampilakn tari tradisional Paddekko secara massal.

Kepala Kecamatan Bontonompo, Muhammad Yasin Mallingkai mengucapkan apresiasi dan bangga kepada pemuda Bontonompo yang mempertahankan budaya Sulawesi Selatan, khusunya di Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah, mereka masih ada perhatian untuk melestarikan budaya tari Paddekko ini. Kami selaku pemerintah kecamatan berharap pemuda bisa kembangkan bakat dan potensinya dengan semangat kemerdekaan indonesia,” jelasnya saat ditemui usai pelaksaan upacara di Lapangan Bontocara’dde pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Tarian massal Paddeko dengan jumlah penari sebanyak 300 orang, adalah pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kecamatan Bontonompo.

Ketua Panitia sekaligus pelatih tari, Wardiman Nompo mengatakan merasa bangga, sebab dalam sejarah di Kabupaten Gowa, tari Paddekko secara massal ini pertama digelar di Bontonompo.

“Dengan tema sa’ra ati samboritta, kami menggarap tari panen ini, untuk memperkenalkan budaya paddekko yang ada di Bontonompo dan mengangkat kembali adat yang mulai punah lewat pemuda-pemudi generasi penerus,” ungkapnya.

Dalam proses latihan, pemuda yang akrab disapa Nompo ini mengungkapkan kesulitan dalam penggarapan tari massal yang telah dilatih secara intensif kurang lebih tiga minggu.

Menurutnya, mempersiapkan penari untuk ditampilkan dihadapan banyak masyarakat sedikit sulit sebab banyak penari dengan karakter yang bermacam-macam.

“Kesulitannya dari segi kekompakan, karna sebagian dari mereka murni baru menari. Berbeda jika mereka memang dari bidang seni tari atau ada pengalaman menari mungkin tidak kerepotan dalam penggarapan,” ucapnya.

Selanjutnya, Nompo menuturkan harapannya agar supaya pemerintah di sekitar Kecamatan Bontonompo bisa melihat bakat pemuda-pemudi kemudian bersama mengembangkan budaya dan mengangkat tradisi Makassar.

Komentar

Rekomendasi

Kajati Sulsel Puji Capaian Pemkab Gowa dalam Pengelolaan Dana Desa

Pelihara Kamtibmas, Polres Gowa Sabhara Lakukan Patroli Mobile

Pemkab Gowa-KPPN Makassar dan KPP Pratama Bantaeng Teken Berita Acara Rekonsiliasi

4 Tahun Pemerintahan Adnan-Kio, Kepuasan Masyarakat Fantastis

Zikir dan Doa Warnai Perayaan 4 Tahun Kepempinan Adnan-Kio di Gowa

Wah, Gegara Bibit Vatier Bupati Gowa Dapat Penghargaan LEPRID

Pasangan Adnan-Kio Resmi Kantongi Rekomendasi PPP

Pilkada Gowa 2020, Adnan Purichta Ichsan Kantongi Rekomendasi PKB

Bareng Spiderman, Istri Kapolres Gowa Hibur Pasien Anak di Rumah Sakit

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar