KKP Bandara El Tari Kupang Siapkan Thermal Scanner Antisipasi Corona

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang dan Bandara El Tari Kupang dan menggelar rapat di Bandara El Tari Kupang, Selasa (3/3/2020). / Istimewa

KUPANG, TERKINI.id – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang dan Bandara El Tari Kupang dan menggelar rapat di Bandara El Tari Kupang, Selasa (3/3/2020).

Rapat khusus membahas penempatan thermal scaner atau alat pendeteksi suhu badan dan menyiapkan ruang isolasi di ruang kedatangan domestik.

Usai rapat, KKP dan Bandara El Tari Kupang langsung memantau lokasi di ruang kedatangan yang akan dipasang thermal scaner dan sebuah ruangan yang akan digunakan sebagai ruang isolasi di ruang kedatangan domestik. Pemasangan thermal scaner tersebut dilakukan Rabu (4/3/2020).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha KKP Hengki JZ mengungkapkan beberapa poin penting yang dihasilkan rapat tersebut, di antaranya pengadaan dan kesiapan sumber daya manusia (SDM), logistik, dan mekanisme penyelesaian di lapangan.

Ia menambahkan dari sisi SDM, pihaknya sudah menyiapkan petugas yang terlatih untuk menscreaning penumpang luar negeri maupun domestik.

“Adapun dari sisi peralatan, juga sudah kami siapkan. Tadi juga kami sudah memantau lokasi yang ingin kami tempatkan alat tersebut, atas izin pihak Bandara El Tari Kupang. Logistik juga sudah siap, termasuk semua petugas. Saya sudah tegaskan harus memakai alat pelindung diri selama bertugas,” katanya.

Seperti diketahui, dua warga negara Indonesia (WNI) di Indonesia dikabarkan positif terjangkit virus corona. Hal itu diumumkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Ia mengatakan, dua orang tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Keduanya diduga tertular dari warga Jepang yang berkunjung ke rumah mereka yang berada di Depok.

Kedua orang yang dikonfirmasi terjangkit virus corona adalah ibu 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun. Melansir SCMP, sejauh ini terdapat 90.182 kasus virus corona secara global dengan 3.084 kematian hingga Selasa (3/3/2020).

Komentar

Rekomendasi

Biadab, Petugas Israel Hancurkan Klinik Kesehatan untuk Pasien Corona di Palestina

Viral, Dua Warga Dilabrak Pengunjung Mal Gara-gara Belanja Pakai Baju Hazmat

Nekat Gelar Hajatan di Tengah Wabah Corona, Bapak Ini Dilabrak Polisi

Pasien Positif Covid-19 di Sulsel Bertambah Jadi 47 Orang

Protes Larangan Salat Jumat di Tengah Wabah Corona, Pria Ini Diamankan Polisi

Jenazah PDP COVID-19 Ditolak Warga di Maros, Akhirnya Dimakamkan di Sudiang

Cegah Corona, Golkar Sulsel Bagi Ribuan Masker untuk Warga

Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Belum Terpapar Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar