Kok Bisa? KUA Tanete Riattang Kab. Bone Tiru KUA Bontobahari Kab. Bulukumba

Terkini.id, Bulukumba — Kepala kantor urusan agama (KUA) Kec. Bontobahari Kab. Bulukumba bersama jajaran menerima rombongan kantor urusan agama (KUA) pada Jumat, 22 Juli 2022 sore.

 

Pertemuan kedua rombongan KUA tersebut dalam agenda study tiru, dimana keduanya sedang proses revitalisasi KUA.

Baca Juga: Penyuluh Agama Islam Dibekali Cegah Kekerasan Anak dan Masjid Ramah...

 

Kepala KUA Bontobahari, H. Amri Syam mengatakan, dasar dan tujuan pelaksanaan studi tiru sebagai motivasi mencapai pelayanan yang terbaik.

Baca Juga: Kunker Pangdam XIV/Hasanuddin, Bersama Kepala KUA Bontobahari, Camat, Kades Bira...

 

“Ini bukan tentang menggurui, siapa mengungguli siapa? Kita harap setelah dilaksanakannya studi tiru ini beberapa sistem yang sudah masing-masing diterapkan dapat diadopsi dan diterapkan di KUA kita masing-masing,” tuturnya.

 

Baca Juga: Kunker Pangdam XIV/Hasanuddin, Bersama Kepala KUA Bontobahari, Camat, Kades Bira...

Terlebih dari itu kata Ketua APRI Bulukumba ini, dengan silaturahim seperti ini maka akan terjalin komunikasi yang berkesinambungan, memudahkan untuk tukar pikiran jarak jauh.

 

Diketahui, tahun 2022 ini KUA Bontobahari sedang revitalisasi. Menurut H. Amri peningkatan kualitas SDM meliputi peningkatan sikap dan perilaku petugas pelayanan, tentunya petugas pelayanan telah mendapat bimtek tentang bagaimana melayani masyarakat dengan baik sehingga KUA selalu mendapat penilaian pelayanan yang terbaik dalam melayani masyarakat.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, program Revitalisasi KUA Kecamatan merupakan program prioritas Kementerian Agama RI Tahun 2021-2024.

 

“Dasar hukum yang mengatur tentang Revitalisasi KUA diatur dalam Keputusan Menteri Agama No. 758 tahun 2021. Target Revitalisasi KUA Kecamatan sampai yang diharapkan selesai dan tuntas terlaksana pada tahun 2024 mencapai 5.945 unit KUA yang seluruh pembiayaannya dibebankan ke DIPA Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam,” uraiannya.

 

“Nah, terdapat 4 tujuan strategis yang telah ditetapkan dalam program Revitalisasi KUA yaitu peningkatan kualitas kehidupan umat beragama, penguatan peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, penguatan program dan layanan keagamaan, dan peningkatan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan,” pungkasnya.

 

Selain itu, Humas KUA Bontobahari, Abd Halim Amsur, kami sudah saling tukar kontak, artinya memudahkan untuk berkomunikasi khususnya persoalan revitalisasi.

 

Rombongan KUA Tanete Riattang dipimpin langsung oleh Kepala KUA Abd. Wahid Arif. S.Ag., M.Pd.I selanjutnya keesokan harinya bersama rombongan menyebrangi pula pulau Liukang Loe, salah satu pulau yang masih berada dalam wilayah binaan KUA Bontobahari.

Pulau Liukang Loe sendiri merupakan objek penyuluhan dari Pirmansyah, S.Ag., MM penyuluh agama fungsional yang baru saja terpilih sebagai penyuluh teladan tahun 2022 yang akan berkompetisi pada tingkat provinsi.

 

Bagikan