Lembaga Adat Kerajaan Gowa Resmi Dikukuhkan

Lembaga Adat Kerajan Gowa Resmi Dikukuhkan

Terkini.id,Makassar – Dalam rangka mewujudkan pelestarian adat istiadat Kabupaten Gowa, maka dilakukan pengukuhan lembaga adat Kerajaan Gowa yang dilakukan oleh Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III raja Gowa ke-38.

Pengukuhan Lembaga Adat Kerajaan Gowa ini turut dirangkaikan dengan rapat kerja. Acara tersebut berlangsung di Hotel Sultan Alauddin and Convention (area kampus I UIN Alauddin Makassar, Jalan Sultan Alauddin Makassar, Minggu 27 Oktober 2019.

Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III raja Gowa ke-38 bersama permaisuri Hj Andi Hikmawati Andi Kumala Idjo

Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III raja Gowa ke-38 dalam sambutannya mengatakan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat menjadi salah satu modal sosial yang dapat dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan pembangunan, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian dan pengembangan sesuai dengan karekteristik dari masyarakat adat.

“Tentunya menjadi sebuah harapan kita bersama untuk senantiasa menjaga adat tradisi dan budaya kita karena ini sangat penting dengan adanya Undang-Undang yang mendasari dan tentu ini semua tanggung jawab untuk bersama-sama,” ujarnya.

Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III raja Gowa ke-38 bersama permaisuri Hj Andi Hikmawati Andi Kumala Idjo beserta Kapolres Gowa

Lanjut Andi Kumala menyampaikan bahwa pemerintah pusat ke depan berharap bagaimana produk budaya ini bisa dijadikan sumber ekonomi bagi masyarakat.

“Harapan kita adalah bagaimana bersama-sama dengan pemerintah untuk bersinergitas dalam membangun dan membantu pemerintah dalam hal memajukan kebudayaan dan kepariwisataan,” lanjutnya.

Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III raja Gowa ke-38 bersama permaisuri Hj Andi Hikmawati Andi Kumala Idjo memberikan gelar kepada Kapolres Gowa

Masih kata Andi Kumala Idjo bahwa pihaknya berharap dengan adanya Lembaga Adat Kerajaan Gowa ini, dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah berkaitan dengan permasalahan – permasalahan Adat dan Budaya yang ada di Kabupaten Gowa dan Sulawesi Selatan pada khusunya.

“Dengan pengukuhan lembaga adat tersebut diharapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan. Dan bersama-sama membangun Kabupaten Gowa menjadi lebih baik dan maju, saling menghargai dan memahami kebersamaan lembaga adat yang ada di Gowa,” pungkasnya.

Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III raja Gowa ke-38 bersama permaisuri Hj Andi Hikmawati Andi Kumala Idjo berfoto bersama

Usai pengukuhan, pada kesempatan yang sama, Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III raja Gowa ke-38 juga menganugerahkan gelar kehormatan kepada “Daeng” kepada Kapolres Gowa AKBP Shinto, S.I.K. M.Si bersama dengan istrinya.

Komentar

Rekomendasi

Apresiasi Hadirnya All New BeAT, Ketum COC Makassar: Semoga Jadi Favorit Masyarakat

Shalat Jumat Keliling Cara Brimob Lebih Dekat Dengan Warga

Angkat Isu Lingkungan, KPA Sapanang Sukses Gelar Milad di Pangkep

Seminar Cinta Forum Muslimah Dakwah Kampus di Sidrap

Besok, IKA SMANSA Angkatan 2002 Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Pimpin IKA Teknik Arsitektur Unhas, Danny: Satu Arsitek akan Dampingi Satu Kelurahan

Sekjen PB HMI Lantik Pengurus HMI MPO Cabang Makassar

Brimob Polda Sulsel Panen Sayur Hidroponik di Halaman Kantor

Tingkatkan Kesadaran Literasi Masyarakat, KOMPAK Gelar Lapak Baca di Fort Rotterdam

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar